Partai Golkar Sumut Serahkan Bantuan Peduli Gempa ke Gereja dan MUI di Taput

DPD Partai Golkar Sumut menyerahkan bantuan kepada lembaga keagamaan di sekitar Kota Tarutung berupa dana pembangunan.

topmetro.news – DPD Partai Golkar Sumut menyerahkan bantuan kepada lembaga keagamaan di sekitar Kota Tarutung berupa dana pembangunan. Yang menerima bantuan adalah MUI Taput, Kantor Pusat HKBP, HKI Distrik VII Tarutung Pangaribuan, dan GKPI Korwil Silindung Tapsel Tapteng.

Kepada penerima bantuan MUI Taput, HKBP, HKI, dan GKPI, Wakil Ketua Bappilu Partai Golkar Sumut 10 Jadi Pane menyampaikan, seyogyanya Ketua DPD Partai Golkar Sumut H Musa Rijeksah berkeinginan ikut menyampaikan bantuan. Namun karena urusan kerja sedang berada di luar negeri.

“Ketua berharap bantuan yang diserahkan itu dapat meringankan beban warga masyarakat. Sebagai wujud kebersamaan Partai Golkar yang ikut merasakan penderitaan yang timbul akibat gempa,” sebutnya.

Ia menambahkan bantuan yang mereka sampaikan selain kepada lembaga keagamaan, juga kepada kader partai yang terdampak bencana gempa.

Bersama Jadi Pane, dalam rombongan ada Bobby C Sinaga (Kepala Rescue Partai Golkar Sumut), Saharuddin (Wakil Sekretaris Bidang Kerjasama Ormas), Zulkifli (Lembaga Komunikasi Informasi Golkar Sumut), dan Irwansyah Koto (Wakil Sekretaris Kelautan dan Perikanan).

Ketua DPD Partai Golkar Taput FL Fernando Simanjuntak SH MH berharap semua masyarakat harus bangkit dan bersyukur. Ia mengatakan, bahwa semua merasakan bencana gempa. “Namun seberat apa pun cobaan itu, kita tetap bersyukur. Karena kita masih diberi keselamatan oleh Tuhan. Marilah kita kembali beraktivitas,” sebutnya.

Fernando Simanjuntak hadir bersama Sekretaris Brendy Hutauruk. Ada juga, Wakil Ketua DPRD Taput Ir Reguel Simanjuntak bersama anggota fraksi, Antonius Tambunan, Johny Tombang Marbun bersama jajaran pengurus pleno serta DPD AMPI Taput. Hadir perwakilan DPD Partai Golkar Tapteng dan Parluhutan Sinaga (Sekretaris DPD Samosir).

Partai Golkar Jaya

Usai menerima bantuan berupa uang tunai Rp15 juta di komplek Mesjid Syuhada Jalan Dr TB Simatupang Tarutung, Ketua MUI Taput Ustadz Samsul Pandiangan menyampaikan terimakasih. Secara khusus kepada Ketua DPD Sumut Musa Rijeksah.

Ia mengatakan, Partai Golkar telah memberikan perhatian kepada Umat Muslim yang terdampak gempa di Tapanuli Utara. “Terima kasih Partai Golkar. Semoga semakin jaya di seluruh Indonesia,” ujarnya

Korwil GKPI Silindung Tapsel/Tapteng Pdt Andar Lumbatobing juga merima bantuan Rp15 juta. Ia didampingi Pdt Dirgos Lumbatobing (GKPI Kota Tarutung), Pdt. Goklan Sianturi (Parbubu), Pdt Daud Simamora (Sipohoholon I), Pdt Irvan Hutabarat (Gereja Dame), Pdt Fery Samosir (Hapoltahan), Pdt. Ebta Panjaitan (Lumban Siagian), dan Pdt. Hotma Panggabean (Pasar Sipohoholon).

Di HKI Tarutung Kota bantuan Rp15 juta diterima Pdt Harianto Harianja didampingi Pdt. Jefry Samosir. Hadir juga beberapa penatua, St Tobok Lumbatobing, St RB Pasaribu, St Obet Simanjuntak, St H Sibarani, dan warga jemaat

Pdt Harianto menjelaskan, korban gempa warga jemaat HKI di Tapanuli Utara mencapai 170 KK. Kemudian ada satu Gereja HKI rusak parah dan tidak bisa lagi berfungsi.

“Atas nama warga jemaat HKI, kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian Partai Golkar. Kiranya seluruh kader Golkar dan warga jemaat kembali bisa semangat. Agar Taput bisa bangkit pasca-gempa. Tuhan memberkati rencana Golkar di Taput, Sumatera Utara, dan Indonesia,” sebut pendeta.

Bahu-membahu

Di Kantor Pusat HKBP, Pdt Debora Sinaga (Kepala Departemen Diakonia) menyampaikan terima kasih atas nama Ephorus. Ia menguraikan berbagai kerusakan termasuk rumah Ephorus, Museum HKBP rusak total.

Bangunan gereja di Distrik iII Silindung dan Humbang ada 119 yang rusak. Sedangkan yang luka 25 orang. Ada 18 gereja di Taput yang tidak lagi layak guna.

Ia berharap ke depan, masyarakat dan pemerintah bahu-membahu untuk rekonstruksi berbagai kerusakan akibat gempa. “Tuhan memberkati agar Partai Golkar juga menjadi berkat untuk semua orang,” ujar Pdt Debora dan menerima Rp20 juta bantuan Partai Golkar.

Turut mendampingi Pdt Debora, Bendahara Umum Pdt Manaris Simatupang MTh, Diak Berlina Sibagariang, dan Pdt Betrice Manurung.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment