Pastikan Sesuai SOP, Kalapas Klas IIB Panyabungan Kontrol Penyelenggaraan BAMA

Guna memastikan penyelenggaraan Bahan Makanan (BAMA) sesuai dengan Standard Operasional Prosedur (SOP), Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Panyabungan Mustafa Kamaluddin Simamora melaksanakan kontrol dan monitoring, Kamis (13/10/2022).

topmetro.news – Guna memastikan penyelenggaraan Bahan Makanan (BAMA) sesuai dengan Standard Operasional Prosedur (SOP), Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Panyabungan Mustafa Kamaluddin Simamora melaksanakan kontrol dan monitoring, Kamis (13/10/2022).

Kontrol dan monitoring ini dilakukan Kalapas sebagai bentuk komitmen Lapas klas II B Panyabungan dalam memaksimalkan layanan. Yang salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan makanan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Maka dari itu, untuk memastikan pelayanan terbaik telah mereka berikan, Kalapas Panyabungan terjun langsung untuk melakukan kontroling dan monitoring proses penyelenggaraan dan pengolahan bahan makanan untuk WBP tersebut.

Dari pantauan topmetro.news, kegiatan kontroling dan monitoring berlangsung dari mulai masuknya bahan makanan oleh satu unit mobil. Di mana sebelum masuk, mobil itu menjalani pemeriksaan ketat oleh petugas. Mulai dari barang bawaan kendaraan tersebut hingga identitas supir.

“Hal ini untuk memastikan tidak adanya hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan kamtib masuk ke dalam Lapas Panyabungan,” jelas Kalapas Klas II B Panyabungan Mustafa Kamal Simamora kepada topmetro.news di sela melakukan kontroling dan monitoring.

Mustafa juga menguraikan, petugas penerima terkait bahan makanan WBP juga melakukan penimbangan dan memeriksa tiap-tiap bahan makanan yang masuk. Ini juga untuk memastikan apakah jumlah berat dan kualitasnya sudah sesuai SOP. Di mana kegiatan ini tetap dalam monitoring langsung oleh Kalapas. Sembari tim penerima BAMA juga melakukan Return BAMA jika ada yang tidak sesuai dengan SOP.

“Setelah melakukan penimbangan bahan makanan telah dilaksanakan, petugas yang menangani BAMA tersebut selanjutnya menerima dokumen BAMA yang telah sesuai dengan keadaan riil pada saat penimbangan tadi,” paparnya sambil memeriksa timbangan sayuran yang masuk saat itu.

Setelah semua proses pengecekan telah selesai, petugas BAMA selanjutnya menyerahkan bahan makanan tersebut kepada petugas dapur. Untuk kemudian menjalani pengolahan menjadi makanan untuk para WPB.

Apresiasi

Lalu ketika usai melakukan kontroling dan monitoring tersebut, Kalapas terlihat memberi apresiasi kepada petugas yang menangani BAMA. Karena telah menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada.

“Terimakasih kepada jajaran keperawatan yang telah memberikan kinerja yang bagus dalam hal penyelenggaraan BAMA di Lapas Panyabungan. Terus tingkatkan dan pertahankan kinerja yang baik. Laksanakan tugas sesuai dengan SOP,” harapnya.

Dan Kalapas juga menambahkan dengan berpesan untuk memastikan keadaan setiap bahan makanan itu sudah higenis dan layak konsumsi. “Jaga kebersihan lingkungan dapur dan tetap berikan pelayanan terbaik sesuai dengan tugas yang telah diembankan negara,” katanya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment