DPRD Medan Ingatkan Wali Kota Tak Hilangkan Identitas Melayu di Medan

DPRD Medan Ingatkan Wali Kota Tak Hilangkan Identitas Melayu di Medan

topmetro.news – Anggota DPRD Medan dari Fraksi PKS, Irwansyah mengingatkan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk tidak menghilangkan identitas Melayu di Kota Medan.

Hal itu ia katakan menyusul perubuhan gapura batas Kota Medan di Kawasan Kampung Lalang, Gatot Subroto. Kedua gapura batas Kota Medan dan Deli Serdang tersebut kental dengan nuansa Melayu dan sudah menjadi salah satu ornamen berciri khas melayu yang ikonik.

“Saya mendapat masukan dari beberapa tokoh dan masyarakat Melayu. Agar Wali Kota Medan memperhatikan identitas budaya Melayu di Kota Medan. Termasuk dalam ornamen-ornamen yang menghiasi Kota Medan,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (13/10/2022).

Menurutnya, Melayu merupakan identitas penting bagi Kota Medan dan merupakan peradaban yang harus terus di lestarikan.

“Kita menerima setiap perubahan di Kota Medan kearah yang lebih modern. Namun kita juga harus memastikan bahwa identitas Melayu di Kota Medan tidak boleh hilang,” imbuhnya.

Ia pun berharap, tugu yang berdiri di pintu masuk Kota Medan harus ada ornamen-ornamen yang berciri khas Melayu yang merupakan identitas Kota Medan.

“Ini saran dari tokoh tokoh dan warga melayu kepada kami, agar bisa dipertimbangkan,” timpalnya.

Ia menyebut, identitas Melayu di Kota Medan penting. Sebagai upaya menginformasikan kepada generasi muda agar mereka tidak lupa dengan identitas yang sesungguhnya.

“Edukasi apa yang akan kita berikan kepada generasi muda di kota ini jika yang ditampilkan hanya suasana modernisasi tanpa adanya nilai-nilai budaya yang sesungguhnya sudah ada dan menjadi indentitas Kota ini,” urainya.

Sehingga, ia medorong Wali Kota Medan untuk memberikan perhatian terhadap permasalahan ini.

“Apa yang mau di tampilkan ke luar dari Kota Medan. Wali Kota Medan terdahulu juga sudah memberikan perhatiannya terhadap indentitas ini. Mulai dari ornamen rumah adat warna hingga produk lokal di Kota Medan,” tukasnya.

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment