Bupati Zahir dan KTH AMPHIBI Lakukan Penghijauan di Danau Laut Tador

topmetro.news - Pemkab Batubara bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan Bahan Berbahaya Beracun Indonesia (AMPHIBI) melakukan penghijauan dan pembersihan di Danau Laut Tador, Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador, Kamis (13/10/2022).

topmetro.news – Pemkab Batubara bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan Bahan Berbahaya Beracun Indonesia (AMPHIBI) melakukan penghijauan dan pembersihan di Danau Laut Tador, Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador, Kamis (13/10/2022).

Hadir pada kegiatan penghijauan itu Bupati Batubara Ir H Zahir MAP. Tampak turut mendampingi, Asisten II Setdakab Batubara Khairil Anwar, Camat Laut Tador Wandi, Plt Kepala BPBD Ahmadan Chair, Plt. Kepala Dinas PUTR Bresman Simangunsong, dan Kepala Desa Laut Tador Syaifuddin.

Sementara dari AMPHIBI hadir Presiden AMPHIBI Agus Salim, Direktur KTH AMPHIBI Ernadi, Ketua KTH AMPHIBI Laut Tador Padang Siregar, serta jajaran pengurus dan anggota AMPHIBI lainnya.

Sebelum melakukan penghijauan, lebih dahulu berlangsung pemberian santunan kepada puluhan anak yatim piatu. Mereka berasal dari sejumlah desa yang berada di sekitar Danau Laut Tador. Selanjutnya Bupati Zahir dan para tamu yang hadir melakukan penanaman bibit pohon produktif. Seperti bibit pohon durian, mangga, rambutan, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan juga ada demonstrasi mesin penggiling rumput untuk jadi pakan ternak dengan sistem permentasi.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir mengapresiasi kegiatan penghijauan dan pembersihan Danau Laut Tador dengan gagasan AMPHIBI.

“Saya beri acungan jempol kepada AMPHIBI atas terselenggaranya kegiatan ini. Sebelumnya danau ini sudah pernah dibersihkan, tetapi karena tidak dirawat sehingga dipenuhi rumput kembali,” ujar Bupati Zahir.

Sebagai informasi, Danau Laut Tador seluas 14 hektar sebelumnya merupakan salah satu objek tujuan wisata di Batubara. Namun saat ini di permukaan Danau Laut Tador sudah banyak tumbuh rumput dan eceng gondok.

Dengan kegiatan penghijauan dan pembersihan itu, maka harapannya, Danau Laut Tador dapat kembali menjadi objek tujuan wisata. Serta dapat meningkatkan taraf ekonomi warga sekitar.

Selain itu, gulma yang tumbuh di sekitar danau dapat bermanfaat untuk pakan ternak milik warga.

Sementara Presiden AMPHIBI Agus Salim optimis proses pembersihan Danau Laut Tador akan rampung dalam waktu sembilan bulan mendatang.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment