Hujan Lebat, 5 Tewas, 140 Warga Desa Tertimbun Longsor

longsor tiongkok

TOPMETRO.NEWS – Ratusan warga desa dilaporkan tertimbun longsor besar di Provinsi Sichuan, Tiongkok. Longsor itu dipicu hujan lebat yang tidak berhenti di kawasan itu. Surat kabar ternama daerah itu melaporkan 5 orang ditemukan tewas dan 140 lainnya hilang setelah longsor menimbun 62 rumah di Desa Xinmo, Mao County, Tiongkok, Sabtu (24/6) waktu setempat.

Proses evakuasi masih terus berlangsung. Salah satu penyelamatan yang menggetarkan hati terjadi ketika seorang warga desa berhasil melakukan panggilan telepon dan tim penyelamat sukses menemukannya.

Perempuan itu berada di kamar di rumahnya ketika lonsor menerjang. ”Dia menangis terharu begitu kami berhasil menemukannya,” kata seorang tim SAR.

Qiao Dashuai seorang warga desa yang berhasil selamat mengatakan kepada channel CCTV kalau mereka berhasil  lolos dari timbunan longsor setelah bayi mereka menangis kencang. Qiao kemudian terbangun dan hendak menggantikan popok anaknya ketika terdengar suara kencang dari luar rumah.

”Kami mendengar suara aneh dari belakang rumah dan suaranya kencang,” kata Qiao.

”Angin kencang lantas masuk ke kamar kami. Ketika kami keluar untuk melihat apa yang terjadi, air langsung masuk rumah. Kami berjuang keras melawan arus air yang menerobos kencang sampai kami menemukan tim penyelamat,” sambung Qiao.

Meski dia, istri, dan bayinya selamat, orang tua dan keluarga lain belum ditemukan.(tmn)

Related posts

Leave a Comment