PENTING..!!! Biar Kamu Aman, Simak Tips saat Perjalanan Bus Malam

Perjalanan bus malam

TOPMETRO.NEWS – Perjalanan bus malam, banyak konsumen yang memilih layanan ini, dibanding perjalanan siang hari. Nah, ketika Anda ingin berwisata namun memiliki anggaran yang terbatas, maka perjalanan bus malam pilihannya.

Perjalanan bus di malam hari dapat menghemat uang dan waktu Anda, apalagi jika Anda memiliki rute yang jauh. Maka Anda bisa memanfaatkan waktu dengan tidur.

Namun, perjalanan malam dengan bus lainnya terkadang bisa menyebalkan. Tempat tidur yang kecil, jalanan yang bergelombang, klakson yang keras, dan dikelilingi orang yang tidak Anda kenyal menjadi alasan mengapa perjalanan di malam hari jadi menyeramkan.

Tips Perjalanan Bus Malam

Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisa menikmati perjalanan bus malam dengan aman dan nyaman. Berikut
tips lengkapnya.

1. Hindari Kursi Belakang

Di bagian belakang bus bukanlah tempat yang beruntung bagi seseorang. Jika Anda sering mengalami mabuk perjalanan, maka hindari bagian belakang bus karena tempat itu yang paling bergelombang. Apalagi jika bus melewati jalanan yang kurang bagus. Maka sebaiknya hindari kursi paling belakang saat Anda perjalanan di bus malam.

2. Gunakan Pakaian Hangat

Hal yang paling dihindari saat perjalanan dengan menggunakan bus malam adalah suhu dingin karena pendingin ruangan. Maka dari itu, pastikan Anda mengenakan pakaian yang hangat atau membeli selimut yang cukup untuk menghangatkan tubuh Anda. Agar lebih nyaman, Anda juga bisa membawa bantal kecil untuk digunakan saat Anda akan tidur.

3. Hindari Terlalu Banyak Minum

Sebagian bus punya toilet, seperti Sempati Star, Pahala Kencana, Rosalia Indah, ANS dan lainnya. Namun, ada juga yang tidak memiliki toilet sehingga Anda harus menunggu bus berhenti di rest area untuk ke toilet.

Maka, saat perjalanan ini, Anda bisa mengetahui lebih dulu bus yang akan Anda tumpangi memiliki toilet atau tidak. Jika tidak, usahakan jangan terlalu banyak minum ya.

4. Bawa Snack

Biasanya bus akan berhenti di rest area, namun tidak ada jaminan mereka akan berhenti di tempat yang Anda sukai atau yang memiliki banyak variasi makanan. Maka jangan lupa untuk menyiapkan minuman dan makanan ringan sebelum Anda pergi. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi jika bus tidak berhenti sama sekali.

5. Ketahui Waktu Anda Tiba

Saat perjalanan bus malam, Anda harus melihat kapan waktu sampai di kota tujuan Anda. Jangan sampai, Anda tiba pada tengah malam atau dini hari saat tak ada angkutan umum yang akan membawa Anda ke penginapan. Perhatikan waktu sampai saat beli tiket bus  agar Anda bisa menentukan perjalanan menuju tempat menginap dengan aman.

6. Di Rest Area, Selalu Waspada

Saat bus malam berhenti di rest area, pastikan Anda mengamankan barang-barang berharga sebelum turun dari bus untuk meregangkan badan. Jangan lupa untuk menghafal nomor bus Anda, keadaan di malam hari memungkinkan seseorang salah melihat karena mata sedikit buram. Jadi, supaya tidak salah naik bus, Anda bisa memperhatikan hal-hal ini:
> Kenali nama dan logo perusahaan bus Anda.
>Ingat di mana lokasi bus Anda diparkir.
>Perhatikan penumpang lain.
>Ketahui nomor bus Anda.

7. Gunakan Earplug

Para penumpang memang lelah namun sopir bus harus tetap terjaga agar sampai di kota tujuan. Tak heran kalau para sopir bus akan menyalakan musik dengan volume yang cukup keras sepanjang perjalanan.

Belum lagi kebisingan dari rem, telepon dan percakapan para penumpang lain. Maka dari itu, Anda perlu memakai earplug atau penyumbat telinga agar bisa tidur dengan nyaman tanpa terganggu.

8. Temani Perjalanan, Bawalah sesuatu

Saat Anda tidak bisa tidur di perjalanan, maka Anda harus melakoni sesuatu biar gak bosan. Perjalanan di malam hari membuat Anda tidak bisa menikmati pemandangan karena gelapnya malam. Tapi kamu bisa membawa buku, game player, atau mendengarkan musik selama perjalanan bus malam Anda. Namun, jika teman sebangku Anda juga tidak tidur, Anda bisa mengajaknya mengobrol.

9. Gunakan GPS

Pengumuman tentang halte bus tidak selalu jelas. Namun, saat Anda merasa sudah berada dekat dengan tujuan, tak ada salahnya mengecek navigasi Anda. Dengan begini, kamu bisa melihat seberapa dekat Anda dengan tujuan agar bisa mempersiapkan diri sebelum turun.

Dengan GPS, Anda juga bisa mengetahui jarak dari terminal menuju lokasi Anda menginap atau lokasi wisata terdekat. Sehingga Anda bisa memutuskan harus menggunakan kendaraan apa untuk mencapainya.

Demikian sejumlah tips perjalanan malam kamu, semoga bermanfaat ya.

BACA PULA | Bahaya Tidur Malam Lampu Menyala, Ini 5 Dampaknya!

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, bahaya tidur malam kalau dengan kondisi lampu menyala.

Anda yang sudah kebiasaan lampu menyala saat tidur malam mungkin bisa mengubah kebiasaan itu.

Sekadar diketahui, lampu menyala saat tidur malam mungkin dianggap bukan suatu kebiasaan buruk. Sejauh ini, banyak orang mengira lampu menyala saat tidur malam akan membuat mata silau atau udara kamar lebih panas.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa lampu menyala saat tidur malam bisa berdampak buruk pada kesehatan.

asl!

Related posts

Leave a Comment