Bahaya Tidur Malam Lampu Menyala, Ini 5 Dampaknya!

Bahaya tidur malam

Topmetro.News – Bahaya tidur malam kalau dengan kondisi lampu menyala. Anda yang sudah kebiasaan lampu menyala saat tidur malam mungkin bisa mengubah kebiasaan itu.

Sekadar diketahui, lampu menyala saat tidur malam mungkin dianggap bukan suatu kebiasaan buruk. Sejauh ini, banyak orang mengira lampu menyala saat tidur malam akan membuat mata silau atau udara kamar lebih panas.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa lampu menyala saat tidur malam bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Berikut ini beberapa dampak buruk lampu menyala saat tidur malam.

1. Membahayakan kesehatan reproduksi

Satu studi menemukan paparan cahaya buatan di malam hari bisa meningkatkan risiko infertilitas.

Studi ini telah mencoba tikus betina yang tidur dengan lampu menyala di malam hari cenderung tidak subur.

Para peneliti pun mempercayai bahwa ritme sirkadian mempengaruhi waktu proses reproduksi pada wanita.

Studi lain memantau perawat yang bekerja shift malam dan efek paparan cahaya malam hari. Ternyata sebagian besar perawat mengeluh siklus menstruasi mereka terganggu.

2. Masalah jantung

Melatonin tidak hanya menurunkan suhu tubuh, tetapi juga tekanan darah. Jika Anda terkena cahaya di malam hari, produksi melatonin Anda ditekan.

Akibatnya, tekanan darah Anda akan meningkat. Pada akhirnya, fluktuasi yang teratur bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Berat badan bertambah

Kelebihan cahaya buatan di malam hari bisa menjadi penyebab metabolisme melambat. Selain itu, gangguan tidur dan ritme sirkadian bisa menyebabkan obesitas.

Sebuah penelitian yang memantau lebih dari 43.000 wanita mengungkapkan bahwa mereka yang tidur dengan TV menyala mengalami kenaikan berat badan. Perubahan terjadi terlepas dari kualitas atau durasi tidur mereka.

4. Perubahan hormonal

Satu sumber cahaya bisa mengubah keseimbangan hormonal. Cahaya dari smartphone, TV, atau komputer berkontribusi terhadap defisiensi melatonin.

Selain itu, proses biologi lainnya terganggu, seperti melatonin. Tidur yang terganggu bisa meningkatkan hormon Penuaan dan mengurangi hormon anti-Penuaan.

5. Depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan cahaya di malam hari meningkatkan risiko depresi. Karena, gangguan ritme sirkadian bisa menyebabkan masalah depresi. Semoga bermanfaat.

BACA PULA | Inilah 8 Manfaat Tidur Tanpa Bantal yang Ternyata Menyehatkan Tubuh

Seperti disiarkan Topmetro.News sebelumnya, tidur tanpa bantal, kenapa tidak? Hmmm, perkara tidur memang setiap orang tentu punya selera berbeda-beda. Ada yang suka tidur pakai bantal, ada pula yang tak mau menggunakannya.

Jika Anda salah satu yang kerap tidur menggunakan bantal, tak ada salahnya untuk coba tidur tanpa bantal sesekali.
Pasalnya, ada berbagai manfaat tidur tanpa bantal bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

sumber\foto | KAIROS  

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment