Kapolsek Sosialisasi Obat Sirup Penyebab Gangguan Ginjal Akut di Batang Natal

Kapolsek Batang Natal Iptu M Pakpahan bersama rekannya melakukan sosialisasi kewaspadaan Gangguan Ginjal Akut Atipikal pada Anak di wilayah hukumnya.

topmetro.news – Kapolsek Batang Natal Iptu M Pakpahan bersama rekannya melakukan sosialisasi kewaspadaan Gangguan Ginjal Akut Atipikal pada Anak di wilayah hukumnya. Kegiatan itu terlaksana oleh Kapolsek beserta jajarannya, Sabtu (22/10/2022).

Menurut Kapolsek, kegiatan ini untuk menciptakan suasana kondusif di masyarakat terkait pemberitaan yang adanya lima merk obat sirup batuk anak. Sosialisasi ini juga berkaitan dengan adanya Surat Imbauan Ikatan Dokter Indonesia dan surat dari Gubernur Sumatera Utara.

“Sosialisasi ini kita lakukan ke fasilitas kesehatan serta apotek-apotek. Untuk tidak menjual lima merk sirup obat batuk yang mengandung zat berbahaya. Kami juga sarankan untuk meresepkan obat-obatan tablet atau pil sebagai alternatif,” ujarnya di sela-sela sosialisasi kepada masyarakat.

Mantan Bagian Humasy Polres Asahan tersebut juga menuturkan bahwa, sosialisasi ini juga merupakan tugas dari kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Terutama terhadap isu-isu khususnya isu-isu yang berkaitan dengan masyarakat langsung.

“Ini juga merupakan perintah langsung dari Kapolres Madina AKBP HM Reza CAS SH SIK MH untuk kita agar menciptakan suasana yang kondusif. Dari kegiatan ini, kita juga sudah mensosialisasikan, kepada beberapa apotek,” ungkapnya.

Daftar Obat

Ada pun kelima merk obat batuk sirup yang dilarang untuk diresepkan berdasarkan Surat Imbauan Ikatan Dokter Indonesia, adalah:

  1. Termorex Sirup (obat demam). Produksi PT Konimex. No. Izin Edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.
  2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu). Produksi PT Yarindo Farmatama. No. Izin Edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.
  3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu). Produksi Universal Pharmaceutical Industries. No. Izin Edar DTL7226303037A1, kemasan dus, botol plastik @ 60 ml.
  4. Unibebi Demam Sirup (obat demam). Produksi Universal Pharmaceutical Industries. No. Izin Edar DBL8726301237A1, kemasan dus, botol @ 60 ml.
  5. Unibebi Demam Drops (obat demam). Produksi Universal Pharmaceutical Industries. No. Izin Edar DBL1926303336A1, kemasan dus, botol @ 15 ml.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment