Pemkab Asahan Dirikan 15 Tenda dan Siapkan Sembako Bagi Warga Terdampak Banjir

Pemkab Asahan Dirikan 15 Tenda dan Siapkan Sembako Bagi Warga Terdampak Banjir

topmetro.news – Dampak intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir menyebabkan banyak warga terdampak banjir. Untuk membantu warga, Pemkab Asahan melalui BPBD mendirikan 15 unit tenda pengungsian.

Ke 15 tenda berada di Desa Air Genting 3 tenda, Desa Sei Lama 1 tenda, Desa Sei Dua Hulu 3 tenda. Selanjutnya Desa Perkebunan Hessa 3 tenda, Desa Pondok Bungur 4 tenda dan Kelurahan Bunut 1 tenda.

“Tenda pengungsi yang didirikan di 8 Desa/Kelurahan yang tersebar di 4 Kecamatan ini bertujuan untuk menampung warga yang terdampak banjir yang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi melanda Asahan beberapa hari terakhir ini,” kata Kadis Kominfo Asahan Syamsuddin SH MM di ruang kerjanya, Selasa (8/11/2022).

“Selain mendirikan tenda, Pemkab Asahan juga telah menyalurkan bantuan berupa sembako yang diserahkan kepada dapur umum yang didirikan secara swadaya oleh masyarakat. Dinas Kesehatan Asahan juga telah mendirikan posko kesehatan di lokasi banjir. Dan hingga kini stok obat obatan masih cukup,” kata Syamsuddin.

Syamsuddin mengimbau kepada Kepala Desa/Lurah dan Camat agar siap siaga dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Galakkan budaya gotong royong membersihkan drainase/parit dan gorong-gorong yang mengalami penyumbatan, agar air dapat mengalir dengan baik.

Syamsuddin menyampaikan bahwa Bupati Asahan telah menginstruksikan kepada Kepala Desa/Lurah agar membuat posko-posko tanggap banjir di setiap Desa/Kelurahan yang terdampak. Dengan mendayagunakan kearifan lokal dan memaksimalkan partisipasi masyarakat.

 

penulis : EN

Related posts

Leave a Comment