Stttt… DPRD Makin Sejahtera! Gajinya Bisa Naik 7 Kali Lipat

gaji dprd

TOPMETRO.NEWS – Tampaknya anggota DPRD bakal semakin sejahtera. Itu setelah terbitnya PP 18/2017 tentang kedudukan keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD. Tunjangan yang mereka terima selama ini bisa naik menjadi tujuh kali lipat dari gaji pokok.

Sekretaris DPRD Kota Cirebon Sutisna mengatakan, ada penyesuaian terutama tunjangan komunikasi intensif (TKI) yang selama ini nilainya tiga kali uang representasi ketua. Nantinya bakal diubah jadi tujuh kali lupat gaji pokok yakni Rp2,1 juta dikalikan 7.

Selain itu, anggota DPRD akan mendapatkan uang tunjangan transportasi. Besarannya tergantung harga sewa kendaraan. Nilainya juga bergantung keputusan menteri dalam negeri.

“Ini belum ada formulanya secara tehnis dan kita masih menunggu permendagri,” ujar Sutisna.

Tidak itu saja, anggota DPRD juga akan mendapatkan tunjangan reses. Besarannya 7 kali uang representasi dan itu di luar anggaran reses rutin yang biasanya dilakukan tiga kali dalam setahun.

Begitu juga untuk rumah tangga pimpinan. Bila selama ini hanya telepon, air, listrik dan gas, nanti ada biaya lain seperti kepala daerah.

“Mereka akan mendapatkan tunjangan transportasi, konsekuensinya mobil-mobil dinas seperti mobil fraksi akan ditarik dan anggota dewan tidak mendapatkan mobil dinas.”

Diperkirakan munculnya kenaikan tunjangan dan tunjangan transportasi, besaran gaji yang diterima selama ini bisa mencapai Rp33-35 juta per bulan. (tmn)

Related posts

Leave a Comment