Bupati Deli Serdang dan Camat Delitua Diminta Evaluasi Kepling Kelurahan Delitua Timur

Warga minta Bupati Deli Serdang (DS) Ashari Tambunan dan Camat Delitua Muhammad Taufan SSTP MSi segera mengevaluasi seluruh kepala lingkungan (kepling) di Kelurahan Delitua Timur Kecamatan Delitua.

topmetro.news – Warga minta Bupati Deli Serdang (DS) Ashari Tambunan dan Camat Delitua Muhammad Taufan SSTP MSi segera mengevaluasi seluruh kepala lingkungan (kepling) di Kelurahan Delitua Timur Kecamatan Delitua.

Alasan warga, para kepling tersebut tidak mampu bekerja dan merangkul serta menggerakkan masyarakat untuk menjalankan program-program Bupati Deli Serdang.

“Kami minta Pak Bupati Deli Serdang dan Camat Delitua segera mengevaluasi para kepling di Kelurahan Delitua Timur ini. Sebab kelima kepling tersebut dinilai tidak mampu bekerja maksimal melayani dan merangkul masyarakatnya untuk kemajuan lingkungannya,” ujar Tupa Tampubolon yang diaminin warga lainnya, seperti bermarga Aritonang, Sitanggang, Tarigan, Sembiring, dan Br Ginting, Rabu (9/11/2022).

Menurut warga tadi, Kepling 2 Paidi yang sudah lebih menjabat sekira 18 tahun tidak pernah peduli. Bahkan tidak mau tahu terhadap pembangunan ke gang mereka. Termasuk infrastruktur belum pernah tersentuh anggaran dari pemerintah.

Padahal warga setempat sudah pernah 10 tahun yang lalu bermohon agar jalan ke gang mereka dapat perbaikan.. Baik cor ataupun aspal, agar saat hujan jalan itu tidak becek.

“Nah, usulan itu tidak pernah digubris Kepling 2 Paidi dan Lurah Delitua Timur. Kami merasa kecewa sekali atas sikap Pak Paidi. Sehingga kami bertanya, apa karena di gang kami itu didiami oleh Suku Toba dan Karo dibiarkan saja agar tetap mengalami kesulitan? Hal ini jelas tidak menggalakkan program Bupati Deli Serdang untuk kemajuan masyarakatnya,” tegas Tampubolon.

Kriminalitas

Tambah S Br Ginting, selain tidak peduli pembangunan di gang mereka, Kepling 2 Paidi juga tidak maksimal melayani dan tidak mampu merangkul masyarakat untuk menggerakkan program pemerintah. Terutama dalam hal pemberantasan narkoba dan menekan kriminalitas.

“Di Lingkungan 2 ini sudah banyak warga kehilangan barang berharga. Seperti sepeda motor, HP, uang dan lainnya. Begitu juga peredaran narkoba. Namun tak pernah dipikirkan Kepling Paidi apa solusi dan jalan keluarnya. Artinya, Pak Paidi belum mampu untuk menjaga lingkungannya,” jelas S Br Ginting diaminin Br Sitanggang dan Malau.

Informasi beredar, warga Delitua Timur juga menilai, bahwa Kepling 3 Rosbina Br Tarigan yang suaminya anggota Polri bertugas di Polsek Delitua belum mampu merangkul masyarakat lingkungannya. Dalam melayani warganya masih pilih kasih. Artinya masih ada warga yang tidak mendapat bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah. Padahal sangat layak sekali menerimanya.

“Ini bukanlah sikap kepling yang berkeadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Ironisnya lagi, apa bisa istri Polri menjabat kepling tanpa didukung warganya tapi tetap diangkat Camat Delitua. Sudah pernah warga demo, agar dievaluasi tapi camat sebelumnya tetap mengangkatnya. Jadi tolong Pak Bupati Deli Serdang dan Camat Taufan segera evaluasi Kepling 3 ini,” ujar Tarigan.

Begitu juga Kepling 4 Surya Soter Tarigan yang pensiunan ASN Puskesmas Delitua, dinilai tidak mampu melayani dan merangkul warganya. Terbukti, meski sudah sering komplain warga ke Kantor Lurah Delitua Timur, bahkan warga menyurati Bupati Deli Serdang dan Camat Delitua agar segera ada evaluasi namun hingga saat belum ada tanggapan.

“Banyak warga yang mestinya layak mendapat bantuan pemerintah tapi tidak dipedulikan, artinya tidak pernah didata Kepling 4 Surya Soter Tarigan. Kami berharap kiranya Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dan Camat Delitua segera mengevaluasinya. Jika tidak, kami akan melakukan aksi ke Kantor Camat Delitua,” ucap Sembiring yang diaminin Br Ginting dan Barus.

Narkoba dan Judi

Warga tadi juga berharap Kepling 1 Sintek dan Kepling 5 Sudarso segera dievaluasi karena keduanya sudah lama menjabat.

Artinya, sangat disayangkan tidak ada kepling yang begitu maksimal proaktif terlibat dengan melaporkan perkembangan peredaran narkoba dan judi yang ada di lingkungannya. Padahal yang tahu kondisi tersebut adalah kepling.

“Kami warga Delitua Timur berharap sekali kepada Bupati Deli Serdang dan Camat Delitua segera mengevaluasi seluruh kepling di Kelurahan Delitua Timur. Agar pelayanan dan kemajuan dirasakan warga lebih baik lagi dari sebelumnya,” harap Sembiring.

Ketika dikonfirmasi kepada kepling tersebut, belum bisa dihubungi dan dijumpai ke rumahnya. Kata tetangga sebelahnya, kepling berada di luar.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment