Bupati Samosir Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

Bupati Samosir Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional
Advertisement

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkai dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di halaman Kantor Bupati Samosir, Kamis (17/11). Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” yang dihadiri oleh Pj. Sekda Waston Simbolon, para Asisten dan Pimpinan OPD, para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir serta petugas Kesehatan.

Dalam pidatonya, Menteri Kesehatan RI Budi G. Sadikin yang dibacakan oleh Bupati Samosir mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama. Bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas secara produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

“Meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19, Pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya seperti penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri”, ujar Menkes dalam pidatonya.

Selanjutnya pada Upacara Hari Kesadaran Nasional  di Samosir ini juga disampaikan bahwa Kemenkes juga sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada enam pilar. Yaitu transformasi layanan primer, transformasi layanan rujuka. Transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Diakhir pidatonya, Menkes turut mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada segenap insan kesehatan. Yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia. Beliau juga berharap kepada petugas kesehatan untuk mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Penulis | Erris

Advertisement

Related posts

Leave a Comment