Bupati Asahan Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

Bupati Asahan Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Halaman Polres Asahan, Jumat (18/11/2022).

Turut hadir Bupati Asahan, Kapolres Asahan, Dandim 0208 Asahan, Ketua PN Kisaran, Kajari Asahan, Danlanal TBA, OPD dan jajaran Polres Asahan.

Bupati Asahan mengatakan beberapa bulan terakhir sebahagian wilayah di Asahan sedang di landa banjir. Hal tersebut lantaran tingginya curah hujan yang turun di khususnya di wilayah hulu. Curah hujan yang tinggi ini berpotensi turun sesuai prediksi BMKG hingga Januari 2023.

Untuk itu perlu adanya langkah-langkah pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi dampak cuaca ekstrim dan curah hujan berlebih saat ini sebagai langkah pengurangan risiko bencana.

Bupati telah menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa/Lurah agar meningkatkan kesiapsiagaannya dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Kita perlu terus menggalakkan budaya gotong royong dengan membersihkan saluran air, drainase, parit, gorong gorong yang mengalami penyumbatan.

“Posko tanggap bencana di setiap Desa/Kelurahan dan Kecamatan perlu dibentuk dengan mendayagunakan partisipasi masyarakat serta kearifan lokal dan meningkatkan koordinasi dengan stakeholder dan Forkopimcam dalam upaya penanggulangan bencana,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bencana adalah urusan bersama yang penanggulangannya bukan hanya tugas Pemerintah, akan tetapi diperlukan sinergitas pentahelix dalam upaya mitigasi bencana yang dalam hal ini adalah kolaborasi antara Pemerintah, pihak swasta, masyarakat, akademisi dan media.

Siap Sedia

“Hari ini, Pemkab Asahan, TNI, Polri dan unsur lainnya menggelar apel gabungan dalam rangka penanggulangan bencana alam. Kita harus siap melakukan kegiatan yang positif dalam mengantisipasi kemungkinan dampak buruk yang ditimbulkan bencana. Kita tidak dapat menghindari bencana, akan tetapi kita dapat meminimalisir risiko yang timbul apabila kita bersama sama menanggulanginya,” kata Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati mengatakan secara geografis Kabupaten Asahan merupakan wilayah hilir dari kabupaten lain seperti Simalungun dan Toba. Kondisi tersebut menjadikan Asahan rawan mendapat banjir kiriman dari daerah yang berada di hulu. Untuk itu kita harus siap dengan segala potensi yang kita miliki agar risiko dapat kita minimalisir.

Bupati menyerahkan alat bantu kesiapan penanggulangan bencana alam kepada personel secara sombolis. Serta melakukan peninjauan di posko dan dapur umum di dampingi Forkopimda.

 

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment