Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Tim Pengawasan Orang Asing

Sosialisasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat kabupaten Samosir. Berlangsung di Aula Kantor Bupati Samosir, Jumat (18/11/2022)
Advertisement

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melalui Sekda Drs Waston Simbolon MM memimpin kegiatan Sosialisasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat kabupaten Samosir. Berlangsung di Aula Kantor Bupati Samosir, Jumat (18/11/2022).

Hadir, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dumosch Pandiangan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar Mulyadi SH MH. Kemudian, Kabag Ops Polres Samosir Lengkap Siregar, Danramil 03/Pangururan Kapt Inf Donald Panjaitan, dan camat se-Kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya Waston Simbolon menyampaikan, pemantauan orang asing merupakan tanggung jawab bersama. Hal itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 49 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemantauan Orang Asing dan Organisasi Asing di Daerah. Juga Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 50 Tahun 2010 tentang Pemantauan Tenaga Kerja Asing.

Pemkab Samosir melakukan kerjasama dan bersinergi dengan seluruh instansi terkait untuk melakukan pemantauan terhadap orang asing. Berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas II TPI, terdapat 14 orang asing tinggal di Kabupaten Samosir. Yang mana 1 orang berstatus sebagai tenaga kerja asing (TKA).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar Mulyadi memaparkan, ada beberapa latar belakang sehingga perlu pengawasan orang asing. Antara lain, pergerakan foreign, yaitu apakah orang tersebut membawa paham yang bertentangan dengan Pancasila yang mengganggu kesatuan bangsa. Kemudian, ‘transnasional crime’, yaitu kejahatan yang dilakukan di luar negeri dan pelaku melarikan diri ke Indonesia.

Dari permasalahan yang ada, maka perlu strategi penguatan pengawasan orang asing. Di antaranya pemanfaatan aplikasi APOA, yaitu meminta data orang asing yang menginap. Lalu, penguatan koordinasi sinergitas dengan saling bertukar informasi dengan kepala instansi terkait. Meningkatkan partisipasi masyarakat, yaitu informasi yang berasal dari masyarakat tentang orang asing yang datang.

Di akhir sambutannya, Waston Simbolon mengatakan, kiranya sosialisasi TIMPORA itu menambah pengetahuan dan wawasan seluruh peserta, tentang pentingnya pengawasan terhadap orang asing. Hal itu demi keamanan dalam negeri, terutama di Kabupaten Samosir.

sumber | RELIS

Advertisement

Related posts

Leave a Comment