Bupati Samosir Serahkan Kartu BPJS Gratis kepada Masyarakat pada Perayaan HKN ke-58

Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Pj Sekda Waston Simbolon dan pimpinan SKPD menghadiri Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, di halaman Kantor Dinas Kesehatan Samosir, Kamis (17/11/2022).
Advertisement

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Pj Sekda Waston Simbolon dan pimpinan SKPD menghadiri Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, di halaman Kantor Dinas Kesehatan Samosir, Kamis (17/11/2022).

Perayaan HKN mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’, yang berlanjut dengan pemberian BPJS kesehatan gratis. Kemudian, pemberian penghargaan kepada kepala desa atas Program Stop BABS. Serta, pemberian makanan pendamping gizi balita serta pemberian piagam kepada puskesmas terbersih.

Kadis Kesehatan dr Dina Hutapea menyampaikan, bahwa Dinas Kesehatan Samosir terus berupaya keras menyiapkan peningkatan kuantitas dan kualitas kesehatan.

Selanjutnya, disampaikan beberapa upaya yang akan dilakukan Dinkes dalam peningkatan sarana dan prasarana kesehatan pada tahun 2023. Yaitu akan melengkapi kebutuhan sarana farmasi, posyandu, dan puskesmas baru di beberapa tempat. Serta mengintensifkan penyusunan dan melengkapi permohonan untuk pembangunan RS Pratama.

Bupati Samosir menyampaikan, pentingnya pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

Sesuai dengan RPJMD Kabupaten Samosir Tahun 2021-2026 yang terdiri dari 10 program unggulan, di mana ada dua pada sektor kesehatan. Yaitu peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat melalui penyediaan tenaga medis yang andal. Serta pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis.

Di mana Pemkab Samosir mulai tahun 2021 telah menyalurkan BPJS gratis kepada masyarakat melalui Dinas Kesehatan sebanyak 11.531 orang. Lalu pada Perayaan HKN ke-58 ada lagi penyerahan 100 kartu. Sehingga ada total 11.631 kartu hingga November 2022 dengan cakupan Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Samosir (JKN) sebesar 90,2%.

Di akhir sambutannya, Vandiko mengajak masyarakat dan semua pihak untuk dapat bekerjasama dalam melakukan upaya-upaya inovasi percepatan pembangunan kesehatan. Serta mensukseskan pelaksanaan vaksinasi booster untuk mewujudkan Visi Kabupaten Samosir. Yaitu ‘Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat secara Ekonomi, Kesehatan, dan Pendidikan’.

sumber | RELIS

Advertisement

Related posts

Leave a Comment