Bupati Samosir Bersama Tangkas Manimpan Tobing Monitoring Pasar Murah Sembako

Sinergitas Pemkab Samosir dengan anggota DPRD Sumut membuahkan hasil. Terbukti dengan terlaksananya pasar murah sembako oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut

topmetro.news – Sinergitas Pemkab Samosir dengan anggota DPRD Sumut membuahkan hasil. Terbukti dengan terlaksananya pasar murah sembako oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok. Khususnya menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pasar murah berlangsung di Desa Janji Raja Kecamatan Sitiotio, Senin (21/11/2022). Serta akan berlangsung selama tujuh hari di setiap kecamatan di Kabupaten Samosir. Komoditi yang tersedia adalah, beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam ras, tepung terigu, sirup kurnia, dan ikan sarden.

Untuk memastikan pelaksanaan pasar murah berjalan dengan baik di Desa Janji Raja dan Desa Holbung, Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama anggota DPRD Sumut Tangkas Manimpan Tobing bersama pimpinan SKPD dan Camat Sitiotio monitoring pelaksanaannya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Samosir menyampaikan terimakasih kepada Tangkas Tobing atas kerjasama yang baik itu. Di mana telah membuahkan hasil dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. “Kepada masyarakat Desa Janji Raja dan Desa Holbung, kiranya dengan terlaksananya kegiatan pasar murah ini dapat meringankan beban pengeluaran belanja untuk kebutuhan pokok sehari-hari,” ujar Bupati.

Vandiko juga menyebutkan, bahwa untuk persediaan sembako sampai dengan Natal dan Tahun baru masih aman untuk masyarakat Samosir. “Damang dainang tidak usah bimbang dan takut akan kelangkaan bahan sembako. Untuk kebutuhan sembako di Kabupaten Samosir masih dapat tercukupi sampai dengan akhir tahun ini,” pungkasnya.

Kolaborasi

Anggota DPRD Sumut menyampaikan bahwa berkat kaloborasi dan kerjasama baik dengan Bupati Samosir, banyak bantuan ‘turun’ dari APBD Provsu untuk Kabupaten Samosir.

“Seyogyanya banyak kabupaten/kota di wilayah dapil saya yang meminta bantuan dari APBD Provsu. Namun karena sinergisitas dan kerjasama baik Bupati Samosir sebagian besar bantuan dana APBD Provsu banyak terealisasi di Kabupaten Samosir. Termasuk pembangunan jalan, pemberian bantuan bibit ikan, alat pertanian, peternakan dan lain sebagainya,” ungkap Tangkas.

“Berkat sinergitas Bupati Samosir, bantuan anggaran APBD Provsu berhasil terealisasi secara bertahap untuk pembanguan infrastruktur yang ada di Kabupaten Samosir,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut interaksi tanya jawab berlangsung untuk mendengarkan keluhan masyarakat Desa Janji Raja dan Desa Holbung. Antara lain tenaga pendidik, petugas kesehatan, bantuan bibit pertanian dan pelatihan pembuatan pupuk organik cair atau padat.

Menanggapi hal tersebut, Bupati langsung memberikan perhatian dengan menginstruksikan kadis terkait untuk segera menindaklanjutinya. Terkait dengan pelatihan pembuatan pupuk organik cair dan padat, Vandiko telah menginstruksikan kepada kepala desa untuk mengalokasikan Dana Desa di tahun 2023 untuk membeli alat pencacah kompos mengingat keterbatasan bantuan pupuk subsidi.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment