Di Acara Nusantara Bersatu, Perwakilan Warga TSM Batahan I Madina Menangis di Hadapan Joko Widodo

Perwakilan Desa Batahan I Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal menangis ketika bertemu Presiden Joko Widodo pada Acara Nusantara Bersatu.

topmetro.news – Perwakilan Desa Batahan I Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal menangis ketika bertemu Presiden Joko Widodo pada Acara Nusantara Bersatu.

Pelaksana kegiatan adalah seluruh pendukung Joko Widodo, berlangsung di Glora Bung Karno, Sabtu (26/11/2022).

Pertemuan yang difasilitasi Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (SOLMET) Silfester Matutina SH berupa wujud kepedulian SOLMET kepada rakyat kecil warga Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) Desa Batahan I Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), dalam hal, sudah berpuluh tahun lahan warga TSM yang diperuntukkan kepada warga, setelah mengolah lahan sampai kepada menanam mulai tahun 2007, sampai hari ini masih diklaim secara sepihak oleh perusahaan swasta dan BUMN di Kecamatan Batahan.

Dua puluh lima tahun sudah tanaman kelapa sawit warga tumbuh di lahan TSM tersebut yang sampai hari ini belum selesai. Padahal warga berharap terjadi kemitraan sesuai peraturan pemerintah dengan perusahaan tersebut yang sudah diperjuangkan warga mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan ini kali ketiga ke Jakarta.

Menyampaikan itulah, Rohcmat menangis di hadapan Presiden didampingi Ketua Umum SOLMET.

Pada kesempatan itu Rohcmat yang juga didampingi tokoh masyarakat dan pemerintah desa, di antaranya Khoiruddin Nasution (sekdes), H Ramadan A M Siregar (Ketua BPD dan Ketua Pengawas KUD Produsen Bina Mufakat Baru Desa Batahan I), Sumardi Hasibuan (humas desa dan KUD), Sudarmaji anggota KUD PBMB yang juga sebagai anggota TSM dan KUD.

Perwakilan yang diberangkatkan sebanyak 363 kepala keluarga (KK) yang sudah merasa sangat terzolimi dan perlu pertolongan dari Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo..

Dalam perbincangannya, Rohcmat mewakili warga TSM Batahan I Anggaran 1997/1998 memohon kepada Presiden antara lain: 1. Untuk dibantu penerbitan sertifikat, 2. Menjadikan perusahaan sebagai bapak angkat di bidang perkebunan pokok kelapa sawit, dan 3. Terbinanya hubungan saling menguntungkan antara masyarakat dengan perusahaan.

Atas permohonan itu, Presiden menjawab akan mensegerakan. “Akan kita segerakan Pak,” jawab Jokowi.

Secara langsung Presiden memerintahkan anak buahnya mencatat aspirasi yang disampaikan Rohcmat mewakili masyarakat TSM Batahan I.

Untuk diketahui, di awal kedatangan Presiden di Acara Nusantara Bersatu, juga sudah bersalaman dengan Afnan dan Sudarmaji yang sekalian menyerahkan secara tertulis apa yang disampaikan Rohcmat selaku perwakilan warga TSM Batahan I.

Afnan menyerahkan map merah setelah menyampaikan lisan kepada Presiden Ir Joko Widodo yang diterima oleh anggota Paspampres atas arahan Presiden yang disaksikan beratus orang. Juga langsung disaksikan Ketua Umum SOLMET RI saat Ir Jokowi berjalan di atas karpet merah ruangan VIP.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment