100 Anggota DPRD SU Gelar Reses ‘Kuras’ APBD Sumut TA 2022 Rp30 Miliar

topmetro.news – Seratus anggota DPRD Sumut melakukan kegiatan reses ke Dapil (Daerah Pemilihan) masing-masing kabupaten/kota di Sumut. Kegiatan itu mulai sejak 24 November hingga 3 Desember 2022 ‘menguras’ habis dana APBD Sumut TA 2022 sebesar Rp30 miliar lebih.

Dari data yang wartawan peroleh pada Senin (28/11/2022) di DPRD Sumut, setiap anggota dewan mendapat ‘Jatah’ sebesar Rp300 juta, untuk mereka habiskan dalam 10 kali pertemuan dengan masyarakat pemilihnya.

“Dana Rp300 juta itu perinciannya untuk sewa tenda, kursi, beli kue, makan dan minum serta uang amplop yang jumlahnya bervariasi sebesar Rp50.000-Rp75.000/orang (uang ongkos) bagi masyarakat yang diundang menghadiri pertemuan reses. Dengan menunjukkan kupon undangan,” ujar anggota dewan yang tidak mau namanya ditulis.

Tampung Aspirasi

Menurutnya, kegiatan reses ini merupakan kesempatan bagi dewan untuk bertemu dengan rakyat pemilihnya. Sekaligus menampung aspirasi masyarakat, terkait kerusakan infrastruktur jalan, fasilitas pendidikan, kesehatan gratis hingga keluhan ekonomi rakyat. Guna di perjuangkan pengalokasian anggarannya di APBD Sumut.

Namun dalam kurun waktu 7 tahun terakhir ini, setiap kegiatan reses tidak lagi melibatkan wartawan untuk peliputan. Tapi cukup mereka posting di Medsos anggota dewan.

“Walaupun ada berita-berita reses yang diekspos wartawan, itu karena masih ada anggota dewan yang jumlahnya sekitar 10 persen dari 100 anggota dewan yang tetap bermitra dengan wartawan. Sehingga mengikutkan wartawan dalam kegiatan resesnya secara pribadi,” ujar sejumlah wartawan yang bertugas di DPRD Sumut.

Ketika hal ini di konfirmasi kepada anggota DPRD Sumut Poaradda Nababan terkait besaran dana reses di akhir tahun 2022 ini mencapai Rp300 juta/dewan, juga mengakuinya.

“Ya benar, sekitar Rp300 juta/dewan, sebelum potong pajak,” tambahnya menjawab telepon wartawan, Senin (28/11). Saat melakukan kegiatan reses di Dapilnya Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara.

Anggota DPRD Sumut melakukan kegiatan reses 3 kali dalam setahun. Setiap tahun dana reses ini mengalami kenaikan, karena sebelumnya dana reses dewan pada TA 2021 sekitar Rp200-Rp250 juta/dewan. Perkiraannya pada TA 2023 dana reses akan naik menjadi Rp350 juta/dewan.

 

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment