Pemko Medan Diingatkan Perhatikan Kesejahteraan Atlet dan Sarana Olahraga

Pemko Medan Diingatkan Perhatikan Kesejahteraan Atlet dan Sarana Olahraga
Advertisement

topmetro.news Fraksi Gerindra DPRD Medan mendorong Pemko Medan lebih memperhatikan kesejahteraan para atlet serta membenahi sarana olahraga Kota Medan. Sehingga tidak terulang lagi seorang atlet Kota Medan memilih pindah ke daerah lain karena minimnya sarana dan prasarana yang Pemko Medan berikan.

“Kejadian adanya atlet Kota Medan yang memilih pindah ke daerah lain karena minimnya sarana dan prasarana yang diberikan Pemko Medan. Kiranya ke depan hal itu jangan sampai terulang lagi dan menjadi perhatian Pemko Medan,” ungkap Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan, Haris Kelana Damanik, kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Menurutnya, peran masyarakat juga sangat besar dalam pembinaan dan pengembangan olahraga melalui induk organisasi. Namun membutuhkan dasar hukum. Sehingga ada kepastian hukum terhadap kedudukan dan keberadaannya.

“Itulah pentingnya Perda Keolahrgaan diterbitkan. Sehingga, Pemko harus  berupaya membangkitkan prestasi olahraga di Medan. Pemko Medan harus benar-benar memberikan perhatian khusus terhadap sarana dan prasarana keolahragaan di Kota Medan,” tukasnya.

Kritikan

Ia juga mengkritik untuk pengembangan olahraga di Medan. Maka dengan adanya Perda dapat memberikan kepastian hukum bagi perangkat daerah dalam pembinaan dan pengembangan keolahragaan di Kota Medan. Bagi organisasi olahraga, pelaku olahraga dapat mewujudkan masyarakat yang gemar, aktif, sehat, dan bugar, serta berprestasi dalam berbagai kegiatan olahraga.

Kemudian, Haris meminta dengan adanya Perda dapat merumuskan standarisasi dan akreditasi terhadap atlet. Karena, standarisasi, dan akreditasi penting sebagai acuan dalam pengembangan dan pembinaan keolahragaan.

Sama halnya harapan kepada Pemko Medan dengan perlunya peningkatan kordinasi antar perangkat daerah terkait, pemberdayaan organisasi olahraga, pengembangan Sumber Daya Manusia keolahragaan, pengembangan prasarana dan sarana, peningkatan sumber dan pengelolaan pendanaan, serta pembinaan dan pengawasan pelaksanaan olahraga yang dilakukan terencana dan menyeluruh.

Tidak kala pentingnya, agar Dinas Pemuda dan Olahraga terus mengawasi atlet keolahragaan. Seperti adanya pelanggaran atlit dalam penggunaan doping, dan harus ada sanksi administrasi dan sanksi pidana sesuai yang tercantum di dalam Perda keolahragaan.

Reporter | Thamrin Samosir

Advertisement

Related posts

Leave a Comment