Tekuk Spanyol, Jepang Lolos Ke Babak 16 Besar World Cup 2022

Tekuk Spanyol, Jepang Lolos Ke Babak 16 Besar World Cup 2022

topmetro.news – Laga terakhir grup E menyajikan pertandingan yang sangat sengit dengan mempertemukan perwakilan dari dua benua, dimana Jepang yang bertindak sebagai perwakilan dari Asia, dan Spanyol perwakilan dari Eropa. Pertandingan sengit ini berlangsung pada hari kamis 1/12/22 di Khalifa International Stadium. Pada laga ini Jepang berhasil menekuk Spanyol dengan skor 2-1, sehingga membuat tim samurai biru lolos ke babak 16 besar World Cup 2022.

Secara keseluruhan pertandingan, kesebelasan Timnas Spanyol mampu menguasai jalannya pertandingan, baik di babak pertama, maupun di babak kedua. Terlihat pada statistik pertandingan kedua timnas ini Spanyol mampu menguasai bola dengan prosentase 83%. Dengan melesatkan 12 kali tembakan, 5 diantaranya mengarah ke gawang. Sementara Timnas Jepang hanya menguasai bola sebanyak 17% dengan 6 kali tembakan, 3 diantaranya berhasil mengarah tepat ke gawang Spanyol.

Meski dengan penguasaan bola yang sangat bagus, hal ini tidak menjamin kemenangan bagi kesebelasan Spanyol. Pasalnya U. Simon harus memungut bola sebanyak dua kali dari sarang gawang yang ia kawal. Sedangkan Timnas Spanyol hanya mampu menciptakan 1 gol ke gawang Jepang, sehingga kemenangan mutlak berhasil diraih oleh Jepang dengan skor akhir 2-1.

Mengusai Jalannya Pertandingan

Sejak awal pertandingan usai wasit meniup peluit, Spanyol berhasil menguasai bola dengan baik serta menyusun pola permainan yang cantik. Terbukti, gol cepat berhasil diciptakan oleh Alvaro Morata di menit 11. Gol Spanyol ini bermula dari umpan lambung yang dikirim Cesar Azpilicueta, kemudian Morata menyambut umpan manja tersebut dengan tandukan keras yang membuahkan gol untuk keunggulan Timnas Spanyol. Keunggulan Spanyol ini bertahan hingga berakhirnya babak pertama pada laga ini.

Dengan ketertingalan satu gol dari Spanyol, membuat kesebelasa Jepang tampil lebih agresif di babak kedua. Babak kedua baru berjalan 3 menit Ritsu Doan mampu menciptakan gol penyeimbang melalui sepakan keras dari jarak jauh yang gagal diamankan oleh Unai Simon. Gol pertama dari Jepang ini mampu membangkitkan semangat para pemain Jepang. Pasalnya ia kembali memiliki peluang lolos ke babak 16 besar Worl Cup 2022.

Jepang hanya butuh waktu 3 menit (dari gol pertama) untuk menggandakan keunggulannya. Kali ini giliran Ao Tanaka yang mencatatkan namanya di papan skor, dimana ia mampu memanfaatkan umpan tarik yang dikirim oleh Kaoru Mitoma di sisi kiri gawang Spanyol.

Gol kedua Jepang ini sempat membingungkan wasit untuk mengesahkan gol Ao Tanaka. Karena dianggap bola sudah keluar dari garis sebelum Mitoma mengirim umpan ke Tanaka. Situasi seperti ini membuat wasit langsung menuju ke arah monitor untuk melihat kondisi semestinya melalui teknologi VAR. Kemudian wasit mengesahkan gol tersebut untuk kekunggulan Jepang atas Spanyol.

Dengan ketertinggalan 1-2 dari Jepang, membuat seluruh pemain Spanyol kembali meningkatkan pola permainan dengan mempercepat perpindahan bola. Permainan cantik dari Spanyol ini berhasil menekan dan mengunci Pemain Jepang di separuh lapangan. Peluang demi peluang berhasil diciptakan, namun hingga berakhirnya babak kedua Spanyol tidak mampu menciptakan gol penyeimbang. Dengan hasil ini Jepang berhasil memimpin puncak klasemen grup E dengan perolehan 6 poin, sehingga memastikan ia lolos ke babak 16 besar World Cup 2022.

Penulis | Rifat

Related posts

Leave a Comment