Masyarakat Natal Apresiasi Poldasu Dalam Menertibkan PETI di Madina

Jajaran Polda Sumut kembali mendapatkan apresiasi dari masyarakat Kecamatan Natal atas tindakan tegas tegas mengamankan pelaku Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bangkelang Kecamatan Batang Natal.

topmetro.news – Jajaran Polda Sumut kembali mendapatkan apresiasi dari masyarakat Kecamatan Natal atas tindakan tegas tegas mengamankan pelaku Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bangkelang Kecamatan Batang Natal.

Sebelumnya, Polda Sumut juga mendapat apresiasi dari Yayasan Ekosistem Batang Gadis (YEBG).

Dan, apresiasi dari masyarakat Kecamatan Natal itu bukan tak berasalan. Sebab, dengan adanya komitmen Polda Sumut dalam penertiban PETI, telah menjadikan air sungai Batang Natal bisa kembali bersih. Serta masyarakat jauh dari bencana seperti banjir akibat sedimen sungai yang tinggi karena bekas kerukan tanah yang masuk ke sungai.

Selama ini, ratusan alat berat ekskavator para pelaku PETI bebas beroperasi. Akibatnya, air Batang Natal yang mengalir ke hilir sungai yaitu Kecamatan Natal menjadi keruh dan berlumpur. Sehingga membuat masyarakat Natal tidak dapat memanfaatkan air untuk MCK. Serta ikan-ikan sungai pun tak lagi bisa didapat.

“Selaku masyarakat yang di hilir, kami sangat mengapresiasi Polda Sumut dalam penanganan penertiban PETI di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ini,” ujar tokoh pemuda Kecamatan Natal, Hendri Syahputra kepada topmetro.news via whatsapp, Minggu (4/12/2022).

Lalu, Hendri juga berharap agar pihak Polda Sumut dalam melakukan penertiban aktifitas PETI supaya serius dan tidak setengah hati.

“Kami masyarakat Kecamatan Natal yang tinggal di hilir Sungai Batang Natal selalu berharap pihak Polda Sumut agar tidak setengah hati dalam menindak PETI di Madina,” pintanya.

Hendri Syahputra yang juga menjabat sebagai Ketua Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) Kecamatan Natal juga berharap APH bisa kerja tuntas dalam penertiban PETI di setiap pelosok Kabupaten Madina.

“Kami menilai kegiatan PETI ini adalah pelaku penghancur lingkungan (alam). Dan untuk menyelamatkan agar lingkungan ini tidak hancur, maka APH wajib menghentikan aktifitas PETI,” tegasnya mengakhiri.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment