Walikota Pematang Siantar dan Kepala Daerah se-Sumut Teken Pakta Integritas Netralitas ASN dalam Pemilu dan Pilkada

Walikota Pematang Siantar dan Kepala Daerah se-Sumut Teken Pakta Integritas Netralitas ASN dalam Pemilu dan Pilkada

topmetro.news – Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama kepala daerah se-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menandatangani Pakta Integritas Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Penandatanganan Pakta Integritas berlangsung di aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Senin (5/12/2022).

Selanjutnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menuturkan, kepala daerah sebagai Penjabat Pembina Kepegawaian (PPK) diminta menegakkan netralitas ASN pada Pemilu 2024.

“Ketidaknetralan ASN akan berdampak pada adanya diskriminasi layanan, munculnya kesenjangan dalam lingkup ASN. Adanya konflik atau benturan kepentingan, dan ASN menjadi tidak profesional,” terang Edy.

“ASN tidak boleh dimanipulasi untuk kepentingan berbagai pihak. Yang bisa berdampak pada kompetisi yang tidak seimbang yang akhirnya berdampak pada berkurangnya kepercayaan publik dan nilai dari pemilu itu sendiri,” sambung Edy menegaskan.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumut Drs Feri Mulia Siagian MSi dalam laporannya menyampaikan. Kegiatan penekenan pakta integritas netralitas ASN tersebut berlandaskan hasil rapat Lebih lanjut, Komisi II DPR RI, Kemendagri, KPU. Dan Bawaslu terkait Pemilu 2024 Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta Pilkada Serentak. Di mana, telah diputuskan Pemilu dan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden berlangsung 14 Februari 2024, dan Pilkada Serentak pada 27 November 2024.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Provinsi Sumut Syafrida R Rasahan mengatakan, dalam upaya menjaga netralitas ASN. Bawaslu telah membuat Surat Kesepakatan Bersama (SKB) dengan MenPAN RB, Kemendagri, BKN, dan KASN, yang ditandatangani pada 22 September 2022 lalu.

Penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment