Lalap Swiss Portugal Melaju Ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Lalap Swiss Portugal Melaju Ke Perempat Final Piala Dunia 2022
Advertisement

topmetro.news – Lanjutan piala dunia di babak 16 besar yang diselenggarakan pada hari selasa 6/12/22 di Lusail Stadium menyajikan pertandingan antara Portugal melawan Swiss. Pada laga terakhir babak 16 besar ini portugal berhasil lalap Swiss dengan skor 6-1, sehingga membuat Timnas Portugal mengantongi tiket perempat final Piala Dunia 2022.

Susunan pemain yang cukup mengejutkan diterapkan oleh Fernando Santos (Pelatih Portugal). Pasalnya pada laga ini ia tidak menurunkan Ronaldo, namun ia lebih memilih striker muda berusia 21 tahun yakni Goncalo Ramos. Meski demikian, Ramos yang dipercayai oleh sang pelatih mampu menunjukkan kualitas dirinya dengan mencetak hattrick pada pertandingan ini.

Ramos tampil cukup percaya diri pada pertandingan menjamu Swiss ini, terbukti ia berhasil mencetak gol pertamanya di menit 19. Striker berusia 21 tahun itu melesatkan gol cantiknya melalui tendangan yang akurat mengarah di sisi pojok gawang Swiss. Sehingga bola tidak dapat dijangkau oleh kiper Yan Sommer, Kiper Swiss. Gol yang diciptakan Ramos ini menjadi pembuka pesta gol untuk Timnas Portugal.

Situasi tertinggal Swiss mencoba keluar dari sarang, peluang terbaik berhasil didapatkan melalui tendangan bebas yang dilesatkan dengan baik oleh Xherdan Shaqiri. Namun tendangan tersebut masih bisa amankan oleh Diogo Costa dengan menepis bola ke arah luar. Sehingga membuat skor masih tetap 1-0 untuk keunggulan Portugal.

Nasib malang dialami oleh Swiss, pasalnya ia kembali kebobolan di menit 33, kali ini giliran Pepe yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol Pepe ini bermula dari tendangan sudut yang disambar langsung oleh Pepe melalui tandukan keras, sehingga membuat bola bersarang dengan sempurna di gawang Swiss. Keunggulan dua gol atas Swiss ini bertahan hingga berakhirnya babak 45 menit pertama.

Babak kedua baru berjalan enam menit, Portugal kembali memperlebar jarak melalui gol yang diciptakan oleh Goncalo Ramos. Kali ini ramos mencetak gol keduanya setelah menyelesaikan umpan manja yang dikirim oleh Diogo Dalot.

Trus Menyerang

Tidak butuh waktu lama, Portugal kembali menghantam Swiss dengan menciptakan gol keempatnya. Kali ini Raphael Guerreiro yang memaksa Yan Sommer kembali memungut bola di sarang gawangnya setelah Guerreiro melesatkan tendangan keras yang tidak dapat ia bendung dengan baik.

Dengan skor 4-0, kesebelasan Swiss mencoba menekan pertahanan Portugal. Usaha pemain Swiss membuahkan hasil di menit 58, dimana ia berhasil memperkecil keadaan melalui Manuel Akanji yang memaksimalkan situasi kemelut di kotak Pinalti Portugal setelah tendangan sudut yang Swiss dapatkan.

Berkisar 9 menit setelah Swiss membobol gawang Portugal, Ramos kembali menciptakan gol ketiganya ke gawang Swiss. Gol ketiga Ramos ini berawal dari jasa rekan setimnya, dimana Joao Felix yang mengirim umpan cantik ke Ramos. Kemudian Ramos mencungkil bola untuk memberdayakan kiper Swiss. Namun setelah Ramos mencetak hattrick, Fernando Santos memilih untuk menariknya keluar dan diganti oleh Cristiano Ronaldo di menit ke-73.

Berselang 10 menit Ronaldo sempat mencetak gol untuk menambah keunggulan Portugal atas Swiss. Akan tetapi gol yang CR7 cetak dianulir oleh wasit, karena dinilai posisinya sudah dalam kondisi offside.

Memasuki menit 90 Portugal mencetak gol penutup kemenangan melalui tembakan keras dan akuran yang dilesatkan oleh Rafael Leao dari dekat kotak pinalti. Sehingga gol Leao ini menyempurnakan kemenangan Portugal dengan skor 6-1 atas Swiss. Kemenangan ini membuat Portugal melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Penulis | Rifat

Advertisement

Related posts

Leave a Comment