6 Tips Mengasuh Anak Bagi Pemula

6 Tips Mengasuh Anak Bagi Pemula
Advertisement

topmetro.news – Tips mengasuh anak, Sebagai orang tua mengasuh anak menjadi salah satu pengalaman dan momen paling berharga dalam hidupnya, meski dalam menjalankannya membutuhkan waktu setidaknya 24 jam dalam sehari hal itu bisa sangat melelahkan bagi ibu pemula, eitsss tapi nanti dulu ada beberapa tips yang dapat dilakukan bagi seorang ibu pemula atau yang sudah berpengalaman berikut adalah  tujuh tips untuk membantu membuat pengasuhan anak terasa mudah diatur.

1) Mencari Pendukung Yang Selalu ada

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua adalah memiliki sistem pendukung yang kuat. Sistem pendukung dapat membantu banyak aspek pengasuhan anak mulai dari pengasuhan anak hingga dukungan emosional. Bicaralah dengan teman atau keluarga kamu jika kamu merasa hal yang kamu lakukan dirasa melelahkan dalam mengasuh anak. Kamu juga bisa sharing dengan tetangga atau ibu yang sudah memiliki anak mengenai tips parenting yang perlu kamu pelajari dari mereka.

2) Pelajari Parenting Terlebih Dahulu

Bagi ibu pemula sistem parenting merupakan hal yang sangat asing mengenai bagaimana,mengapa sering kali  jadi titik jenuh yang harus dipelajari ,maka dari itu sebelum kamu melangkah lebih lanjut sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar parenting agar lebih siap dan jika kamu dan pasanganmu sudah terikat pernikahan usahakan kamu dan pasanganmu berkomitmen dalam mengasuh anak secara bersama sama ( co-parenting ) agar kamu sebagai ibu pemula merasa tertolong dan tidak kewalahan mengurus anak.

Untuk melakukan co-parenting ada tiga aspek seperti waktu,interaksi dan perhatian

  • Waktu

Dalam aspek ini orang tua adalah mengenai intensitas orang tua bersama anak untuk mencegah anak salah persepsi dan distorsi mengenai orang tuanya.

  • Interaksi

Lakukan interaksi sesering mungkin dengan anak seperti mengajak bermain,mengobrol sehingga dapat mempererat hubungan anak dan orang tua.

  • Perhatian

Orang tua merupakan pengayom,sosok kasih dan sayang kepada anaknya begitu juga dengan anak. Yang menganggap orang tua demikian dalam segi ini berikan perhatian kepada anak agar tumbuh kembang anak dapat diawasi.

3) Jangan Takut Untuk Meminta Bantuan

Mengasuh anak itu sulit dan ada banyak hal yang harus dipelajari. Bersikaplah terbuka dengan orang tua lain tentang apa yang tidak kamu ketahui atau pahami dan mintalah bantuan bila diperlukan. Semakin kamu sering mencari bantuan semakin kecil kemungkinan kamu mengalami stres, jika kamu mengalami tekanan atau frustasi usahakan untuk menghindari dalam melampiaskan emosi kamu kepada anak anak sebagai mana anak tahu bahwa orang tua adalah sosok pengayom bagi mereka.

4) Tetapkan Rutinitas

Menetapkan rutinitas adalah salah satu hal pertama yang dapat kamu lakukan. Mulailah dengan mencari tahu jam berapa anak Anda akan makan, tidur siang, dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan karena memberi anak kamu rasa aman dan prediktabilitas. Dengan begitu secara tidak langsung kamu mengajari anak kamu kedisiplinan dalam pembentukan karakter yang lebih baik.

5) Jangan Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orangtua Lain

Salah satu hal yang sering dilakukan orang tua baru adalah membandingkan dirinya sendiri dengan orang tua lain. Mungkin karena kamu berfikir mengapa orang tua lain sangat mudah dan ahli dalam mengasuh anak. Daripada kamu membandingkan diri sendiri dengan orang tua lain sebaiknya kamu tanyakan kepada mereka atau meminta mereka mengajari kamu mengenai pola asuh yang baik dan benar.

6) Berinteraksi Dengan Anak

Luangkan Waktu Bersama anak kamu setiap hari atau setiap minggu dengan anak kamu untuk mengenali mereka lebih baik dengan bermain game atau membicarakan minat dengan melakukan pendekatan seperti demikian anak kamu akan merasa lebih dekat dengan kamu dan lebih terbuka ketika mereka memiliki waktu khusus bersama orang tuanya.

Diluar dari tips diatas ada baiknya para orang tua juga banyak membaca tips & trick parenting lainnya, sehingga memiliki banyak referensi bagi orang tua untuk mengasuh anak.

Penulis | Uca

Advertisement

Related posts

Leave a Comment