Pemprov Sumut Siap Dukung dan Sukseskan Paritrana Award

Pemprov Sumut Siap Dukung dan Sukseskan Paritrana Award

topmetro.news  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) siap mendukung dan sukseskan penyelenggaraan penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan (Paritrana Award), yang mulai tahun 2022 akan digelar di tingkat nasional dan tingkat provinsi.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mengungkapkan hal tersebut saat menerima kunjungan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara Henky Rhosidien di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (8/12/2022).

Turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Baharuddin Siagian.

“Kami (Pemprov Sumut) sangat berkomitmen untuk mendukung implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan ini. Termasuk tentunya Paritrana Award ini,” ujar Sekdaprov Arief S Trinugroho.

Menurut Arief S Trinugroho, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sangat penting untuk memberikan perlindungan dan rasa aman bagi pekerja termasuk keluarganya.

“Bukan hanya pekerja formal, tapi juga yang informal,” ungkapnya.

Untuk itu, menurut Arief S Trinugroho, komitmen pemerintah daerah menjadi sangat penting. Utamanya untuk mendukung melalui regulasi dan kebijakan agar pekerja Penerima Upah dan pekerja Bukan Penerima Upah. Seluruhnya dapat di lindungi dengan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Arief menambahkan, bentuk komitmen Pemprov Sumut telah terwujud dengan mengalokasikan anggaran untuk mendaftarkan 10.000 tenaga kerja informal agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Nanti sasarannya para pekerja rentan. Seperti guru ngaji, petugas keagamaan, pedagang kaki lima dan pekerja informal lainnya,” kata Arief.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara Henky Rhosidien mengatakan, Paritrana Award adalah ajang penghargaan tahunan yang di inisiasi Kemenko PMK, Kemendagri dan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan pelaku usaha yang mendukung program Jaminan Sosial Ketenakerjaan.

”Jadi penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness dan peran aktif pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan juga badan usaha, “ kata Henky.

Henky menjelaskan, Paritrana Award sangat penting untuk mendorong partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan dalam penguatan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Terutama dalam perluasan cakupan kepesertaan.

“Karena tentunya pelaksanaan Perlindungan Pekerja Rentan di setiap daerah tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPJS Ketenagakerjaan. Kerja sama para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan,” pungkas Henky.

 

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment