Pemuda dan Santri Penanaman Pohon di Ponpes Nurul Hakim

penanaman 1.000 pohon buah di sekitaran Pesantren Modern Nurul Hakim dan masyarakat sekitar Pesantren, Jumat (9/12/2022).

topmetro.news – Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumatera Utara bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Medan, Pemuda Tani Indonesia Kota Medan, dan Ikatan Persaudaraan Alumni Nurul Hakim (IPANUHA) melakukan penanaman 1.000 pohon buah di sekitaran Pesantren Modern Nurul Hakim dan masyarakat sekitar pesantren, Jumat (9/12/2022).

Pada kegiatan dalam rangka pemperingati Hari Menanam Pohon Nasional itu, hadir Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Hakim, Pembina Yayasan Hj Apriani Nasution SE, H Krismanto Raharjo. Kemudian ada Ketua Pemuda Tani Indonesia Sumut sekaligus Ketua IPANUHA Muhammad Fadly Abdina SP MSi. Juga Ketua IMM Kota Medan Akbar Muhaddist, bersama unsur pengurus lain.

Kegiatan diawali dengan ramah tamah antara pemuda, santri, dan pihak pesantren. Selanjutnya penanaman pohon Hj Apriani Nasution SE selaku Ketua Pembina Yayasan H Abdul Hakim Nasution. Lalu oleh Zulfahmi Nasution SPdI SH selaku Direktur Pesantren Nurul Hakim. Selanjutnya Muhammad Fadly Abdina SP MSi selaku Ketua PTI Sumut. Kemudian oleh Ketua IMM Medan dan seterusnya.

Dalam sambutannya, Hj Apriani Nasution menyampaikan dukungan atas penanaman pohon untuk melestarikan lingkungan. “Saya apresiasi kegiatan penanaman pohon pada hari ini. Selama ini Bunda telah lama ingin melakukan penanaman pohon di pesantren ini. Dan Alhamdulillah. Hari ini melalui anak pemuda dan alumni Nurul Hakim, dapat kita laksanakan,” ujar Apriani.

“Penanaman pohon ini juga dapat menjaga kelestarian lingkungan kita,” tutur anak dari pendiri pesantren ini.

Peran Pemuda

Ketua PTI Sumut sekaligus Ketua IPANUHA menyampaikan hal senada, bahwa generasi muda harus peduli terhadap lingkungan. “Sebagai generasi muda kita semua harus memiliki peran untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dan harapannya kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran kepada santri untuk melalukan pelestarian lingkungan dengan menanam pohon pada kampung halaman masing-masing,” ujar Fadly Abdina.

“Sebagai alumni Nurul Hakim, hal ini merupakan bahagian kegiatan pembuka yang dapat kita lakukan untuk masyarakat dan pesantren. Insha Allah, ke depan kita akan melakukan banyak kegiatan. Di antaranya Program Tahfiz Alquran kepada generasi muda dan masyarakat,” jelas Fadly Abdina.

Dalam sambutannya, Direktur Pesantren Nurul Hakim Zulfahmi Nasution menyampaikan bahwa kegiatan itu adalah untuk mengajak berbagai lapisan masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Sekaligus menyampaikan, betapa pentingnya saat ini menjaga kondisi lingkungan yang sehat, bersih, dan berkelanjutan. Sehingga kelak, para generasi berikut dapat menikmatinya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment