Kadis Kominfo Asahan Tutup UKW ke 50

Kadis Kominfo Asahan Tutup UKW ke 50

topmetro.news – Bupati Asahan diwakili Kadis Kominfo Syamsuddin SH MM secara resmi menutup pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-50 di Aula Hotel Sabty Garden Kisaran, Minggu (11/12/2022).

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia (DKP PWI) Sumut Muhammad Syahrir mengatakan jumlah peserta muda 48 orang, lulus 26 orang dan madya 6 orang, seluruhnya lulus.

“Secara nasional wartawan ber-Kompeten berjumlah 16.210 orang, lalu tambah 26 orang hasil UKW ke-50 di Asahan menjadi 16.236 orang,” kata Syahrir.

Ketua PWI Asahan Indra Sikoembang SH mengucapkan terimakasih kepada DKP PWI Sumut yang telah menyebutkan hasil UKW. Bagi peserta berkompeten jangan cepat puas, tetaplah belajar, agar menjadi wartawan profesional. Kepada yang belum, jangan berputus asa, terus belajar, karena masih ada waktu untuk mengulang dan mengikuti UKW di waktu yang akan datang.

Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik mengaku kecewa karena masih banyak jumlah wartawan ikut UKW namun dinyatakan belum berkompeten.

“Kami akan meningkatkan kemampuan wartawan dalam menghadapi UKW. PWI Sumut sementara tidak akan melakukan perekrutan anggota PWI, tetapi akan menggelar peningkatan anggota,” ujarnya.

“UKW bertujuan menciptakan wartawan berkualitas, profesional dan beretika. Saya menekankan pentingnya etika pada seorang wartawan. Tidak ada artinya profesional, tetapi tidak beretika,” lanjut Farianda.

Kadis Kominfo Syamsuddin mengatakan pelaksanaan UKW merupakan salah satu upaya peningkatan SDM bagi wartawan. Saya juga kecewa melihat hasil UKW, masih tinggi jumlah wartawan sebagai peserta belum lulus atau berkompeten.

“Pemkab Asahan tidak alergi terhadap wartawan. Ketika ada keperluan wartawan dalam pemenuhan berita terkait OPD, kita siap menjembataninya. Kami berharap, melalui kegiatan UKW kerjasama maupun sinergitas antara Pemkab Asahan dan wartawan dapat di tingkatkan,” kata Syamsuddin.

 

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment