Jurnalis Senior Mardohar Tampubolon: Selamatkan Dolok Martimbang…!

Jurnalis senior, Mardohar Tampubolon, mengimbau semua pemangku kepentingan lingkungan hidup untuk ikut menyelamatkan Kawasan Dolok (Gunung) Martimbang Tapanuli Utara.

topmetro.news – Jurnalis senior, Mardohar Tampubolon, mengimbau semua pemangku kepentingan lingkungan hidup untuk ikut menyelamatkan Kawasan Dolok (Gunung) Martimbang Tapanuli Utara.

Ia mengatakan, Kawasan Dolok Martimbang adalah salah satu penyanggah ekosistem untuk Rura Silindung (Kecamatan Tarutung, Siatas Barita). Juga Kecamatan Adiankoting serta Pahae Julu.

Mardohar Tampubolon yang beberapa tahun terakhir tinggal di Medan, datang ke Tarutung ziarah ke makam istri dan orangtuanya. Kepada topmetro.news, Senin (19/12/2022), ia menyampaikan, saat ini telah terjadi perusakan hutan di Kawasan Dolok Martimbang dan sekitarnya.

“Seyogyanya Kawawsan Dolok (Gunung) Martimbang harus dilindungi. Kalau gunung ini rusak, akan berdampak pada pemukiman penduduk di sekitarnya, Juga berdampak pada Jalan Nasional Tarutung-Sibolga, serta jalan antar desa,” sebut mantan Sekretaris KNPI Taput ini.

Kemudian Wakil Ketua Bhaladika Karya Tapanuli Utara ini menambahkan, perubahan iklim yang cenderung ekstrim saat ini dengan curah hujan yang lebat, berpotensi menimbulkan banjir bandang dan longsor.

“Sudah saatnya kita peduli pada lingkungan hidup. Jangan sampai terlambat. Kita hentikanlah perusakan hutan di Kawasan Dolok Martimbang,” sebut jurnalis yang pernah bertugas dari Harian Sinar harapan di Istana Negara pada masa Suharto itu.

Ia sempat mendokumentasikan sejumlah titik Kawasan Dolok Martimbang yang menurutnya telah rusak oleh manusia. “Selamatkan Dolok Martimbang. Pemkab Taput juga berperan penting dalam melindungi Dolok Martimbang,” sebutnya.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment