Bupati Samosir Apresiasi Gebyar Long Beach Sebagai Upaya Pelestarian dan Promosi Danau Toba

Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengapresiasi Gebyar Long Beach yang terselenggara di Kompleks Vantas Hotel, Jumat (23/12/2022).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengapresiasi Gebyar Long Beach yang terselenggara di Kompleks Vantas Hotel, Jumat (23/12/2022).

Gebyar Long Beach menampilkan lomba vocal solo, trio, atraksi wisata, kuliner, UMKM, dan panggung spektakuler dengan artis lokal dan ibukota. Penyelenggara adalah swasta, pengusaha Hotel Vantas, sebagai dukungan terhadap pariwisata pantai di Kabupaten Samosir. ‘Long Beach’ sepanjang 22 km akan ditata sebagai daya tarik wisatawan ke Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir mengapresiasi peran Panitia Gebayr Long Beach yang menggagas acara. Serta mengeluarkan dana sendiri melakukan suatu gerakan untuk memperkenalkan ‘Long Beach’ dengan berbagai kegiatan yang menghibur masyarakat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Panitia Gebyar Long Beach Samosir. Salut. Tidak ada proposal ke pemkab tapi acara ini dapat berjalan dengan baik,” ucap Vandiko saat membuka acara.

Menurutnya, kegiatan ini membuktikan kerjasama pemkab dan swasta berjalan dengan baik. Penataan ‘Long Beach’ sendiri, katanya, berupa pengamanan dan pelestarian sempadan Danau Toba. Di mana ‘Long Beach’ akan mengintegrasikan pantai sepanjang 22 km. Sepanjang pantai akan ditata sebagai salah satu daya tarik pariwisata Samosir.

Long Beach memiliki keunggulan, karena tepat menghadap Gunung Pusuk Buhit yang merupakan titik awal peradaban Suku Batak. Untuk itu, Bupati berharap, pembangunan fasilitas dan rumah di sepanjang ‘Long Beach’ penataanya harus baik dan menghadap ke danau dan Pusuk Buhit.

Vandiko mengharapkan acara ini menjadi penyemangat bagi pihak swasta yang lain untuk melakukan hal yang sama. “Siapa saja yang mau melakukan acara di sepanjang ‘Long Beach’ ini, kami dari Pemkab Samosir sangat mendukung,” ungkap Vandiko.

Investor

Ketua Panitia Pernando Sitanggang mengungkapkan, Gebyar Long Beach sebagai upaya promosi pariwisata di Kabupaten Samosir. Mempertunjukkan fasilitas yang tersedia di ‘Long Beach’, seperti banana boat, speed boat, sepeda motor listrik, Go Car, dan ATV. Fasilitas ini dapat pengunjung gunakan untuk menikmati wahana pantai di Long Beach. Ia menyampaikan bahwa kegiatan akan menjadi kalender tetap, even berkelanjutan di ‘Long Beach’.

Pemilik Hotel Vantas, Ober Gultom, sebagai penyelenggara acara mengatakan, ‘Long Beach’ merupakan konsep pembangunan bersama masyarakat. Memberdayakan pantai sepanjang 22 km, menyatukan semua jalur pantai. Sebagai pihak swasta, Ober yakin dengan konsep ini akan menarik minat investor untuk berinvestasi di Kabupaten Samosir.

“Beach merupakan suatu tempat yang bisa menampung seluruh perkembangan masyarakat. ‘Long Beach’ akan menjadi kunjungan wisatawan luar dan dalam negeri. Tidak ada kata lain, Samosir Harus maju siapa pun pemimpinnya,” kata Ober.

Melalui acara ini, Ober berharap para perantau Batak untuk memberikan perhatian dan senantiasa mengingat dan berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Samosir. “‘Long Beach’ mengangkat kearifan lokal dan membangkitkan UMKM Samosir,” tambahnya.

Mewakili Forkopimda, Wakil ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon bersama Pantas M.Sinaga mengapresiasi Gebyar Long Beach. “‘Long Beach’ harus dilestarikan untuk kemakmuran masyarakat. Memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Nasib.

Ia menambahkan, untuk mempercepat penataan ‘Long Beach perlu penekanan melalui program daerah dan pusat. “Masukkan dalam RPJMD Samosir, DPRD bersedia membahas untuk mengalokasikan anggaran,” katanya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment