Kabar Duka! Usia 82 Tahun, Pele Susul Maradona

Pele susul Maradona

TOPMETRO.NEWS – Pele susul Maradona. Begitulah dua nama besar sepakbola dunia berpulang dalam 2 tahun terakhir. Usai Maradona meninggal dunia 2020 lalu, dunia sepakbola kembali kehilangan Pele di tahun 2022 ini.

Pele dilaporkan meninggal dunia Jumat (30/12/2022) di usia 82 tahun. Sementara Maradona meninggal di usia 60 tahun pada 25 November 2020 silam.

Diketahui, Pele sampai akhir hayatnya merupakan satu-satunya pemain yang pernah memenangi Piala Dunia sebanyak tiga kali bagi negaranya Brasil.

Dia membawa Brasil menjadi Piala Dunia pada 1958, 1962 dan 1970.

Pele susul Maradona2

Tahun 1958, bola emas atau Ballon D’ or jatuh ke tangan Raymond Kopa (Prancis) yang membawa Prancis meraih tempat ketiga di Piala Dunia pada tahun tersebut.

Pada 1962, giliran Josef Masopust terpilih sebagai pemenang usai Cekoslovakia menjadi runner-up Piala Dunia.

Sedangkan pada 1970, Ballon D’or diraih Gerd Mueller, yang membawa Jerman meraih medali perunggu di Piala Dunia pada tahun yang sama.

Aturan lama yang diterapkan majalah France Football selaku penyelenggara Ballon D’or menyebabkan Pele dan Maradona tak pernah meraih gelar tersebut.

Sebelum 1995, hanya para pemain kelahiran Eropa yang masuk dalam penilaian. Hal ini pula yang menyebabkan Diego Maradona tak pernah memenangi penghargaan tersebut meski kariernya begitu melesat di Eropa bersama Napoli dan turut mengantar Argentina juara Piala Dunia 1986.

Mulai tahun 1995, barulah France Football mengubah kriteria dan turut menilai pemain asal manapun yang berkiprah di Eropa.

Di tahun yang sama, George Weah (Liberia) yang bermain di Paris Saint-Germain terpilih menjadi yang terbaik.

Pada 2007, kriteria calon pemenang kembali diubah. Pemain yang tak bermain di Eropa pun berhak menjadi kandidat jika memang mampu mencatatkan prestasi gemilang selama tahun penilaian.

BACA PULA | Diego Maradona Tinggalkan Harta Rp2,8 Triliun, Anak-anaknya Rebutan

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, konflik muncul dalam keluarga setelah meninggalnya legenda sepakbola Argentina, Maradona. Anak-anaknya saling sikut untuk mendapatkan warisan Diego Maradona sebesar Rp2,8 triliun.

Maradona telah meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020). Pencetak gol ‘Tangan Tuhan’ itu meninggal dunia pada usia 60 tahun akibat serangan jantung.

Kepergian Maradona menyisakan duka jagat sepakbola. Sederet bintang ternama seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menyampaikan rasa belasungkawa atas meninggalnya Maradona.

Nanun, tiga hari setelah kepergiannya, muncul konflik dalam Keluarga Maradona. Ternyata anak-anak Maradona saling sikut untuk mendapatkan harta warisan yang bernilai besar.

Berita dari Dailymail, Minggu (29/11/2020), Maradona sendiri meninggal dalam keadaan miskin. Hal itu sebagaimana ucapan seorang jurnalis Argentina bernama Luis Ventura yang terkenal dekat dengan keluarga Maradona.

Ventura mengatakan, mendiang Maradona hanya memiliki tabungan kurang dari 75.000 Poundsterling (Rp1,4 miliar). Angka itu terhitung kecil menilik gaji Maradona melalui kontrak dengan brand, menjadi pelatih, dan bayarannya saat menjadi pemain profesional.

Hal itu terjadi karena Maradona kerap menghambur-hamburkan uang semasa hidupnya. Selain itu, ada banyak pihak yang sering memanfaatkan kemurahan hati Maradona.

asl!

Related posts

Leave a Comment