Baskami Dorong Pemprov Perluas Jangkauan Akses Air Minum di Sumut

Baskami Dorong Pemprov Perluas Jangkauan Akses Air Minum di Sumut

topmetro.news – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk terus melakukan penguatan dan perluasan akses layanan air minum di Sumut.

Hal tersebut disampaikan , kepada awak media usai penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh BPK Perwakilan Sumut bersama Pemprovsu, Jumat (30/12/2022).

Baskami menyampaikan, pada acara tersebut BPK menyampaikan LHP kinerja atas penyediaan akses air minum untuk mendukung pelayanan dasar kepada masyarakat, tahun anggaran 2020 sampai semester I 2022.

“Kita mendorong pemprovsu untuk terus berupaya meningkatkan kapasitas produksi air dan memperluas jangkauan layanan air bersih ke wilayah-wilayah yang masih minim akses di Sumut,” katanya.

Selanjutnya Menurut Baskami, air merupakan persoalan hajat hidup rakyat banyak yang mestinya disediakan oleh pemerintah.

“Maka dengan ini kami mendukung penuh Pemprovsu dalam memperluas akses dan jaringan distribusi air ini,” jelasnya.

Dikatakannya, tatkala masa reses, masyarakat masih banyak yang mengeluhkan persoalan distribusi air minum dan kualitasnya yang masih dibawah standar.

“Perlu diperhatikan benar-benar pengecekan berkala jaringan distribusi dan kualitas air pada PDAM kita,” tambahnya.

Lebih lanjut, tutur Baskami, hal tersebut akan memiliki dampak positif agar terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

“Sehingga kita meningkatkan optimalisasi PDAM sebagai BUMD non keuangan yang sangat berperan besar. Mengingat potensi Sumut terkait air bersih tak diragukan lagi,” pungkasnya.

Penulis | Erris

Related posts

Leave a Comment