Ini Dia Beragam Manfaat Retail Therapy Serta Tipsnya!

Ini Dia Beragam Manfaat Retail Therapy Serta Tipsnya!

topmetro.news – Tak jarang orang yang sedang dalam kondisi sedih atau stres mengatasinya dengan cara berbelanja. Sebagian besar dilakukan oleh wanita, namun tak menutup kemungkinan pria untuk melakukannya pula.

Sekalipun pergi keluar hanya untuk sekedar melihat-lihat barang, namun hal tersebut bisa membuat suasana hatinya menjadi lebih baik. Kondisi semacam ini dikenal juga sebagai retail therapy. Namun sayangnya, kondisi semacam ini dapat memicu perilaku konsumtif seseorang.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Cukup gunakan pinjaman KTA agar tetap bisa melakukan retail therapy tanpa takut boncos. Pahami penjelasan lengkap mengenai retail therapy di bawah ini.

Apa Itu Retail Therapy?

Retail Therapy atau terapi ritel merupakan sebuah kondisi dimana seseorang pergi untuk berbelanja dengan tujuan utamanya yaitu membuat dirinya berada dalam suasana hati yang lebih baik.

Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa 62 persen pembeli, membeli sesuatu dengan tujuan utama untuk menghibur diri sendiri, sedangnya 28 persen pembeli memiliki tujuan untuk merayakan sesuatu.

Beberapa ahli berpendapat bahwa kondisi ini memberikan efek positif pada otak pelakunya. Unsur harapan dan kejutan yang terdapat dalam retail therapy menjadi pemicu pelepasan endorfin dalam tubuh. Meningkatnya hormon bahagia dalam tubuh dapat mengurangi rasa sakit.

Namun, terapi ritel ini juga seringkali dikaitkan dengan tindakan konsumtif. Walaupun sebetulnya, hal tersebut bergantung pada pengendalian diri masing-masing individu.

Apa Saja Manfaat Retail Therapy?

Berikut ini beberapa manfaat retail therapy yang perlu kamu tahu :

1. Membantu Seseorang Memegang Kendali Atas Dirinya

Seseorang yang merasakan kesedihan biasanya dikaitkan dengan adanya perasaan bahwa ia tidak dapat mengendalikan kehidupan pribadinya. Terdapat ahli yang mengatakan bahwa pada saat orang berbelanja dan menentukan pilihan, tindakan tersebut dapat mengembalikan rasa percaya diri seseorang dapat memegang kendali atas hidupnya.

Perlu kamu tahu juga bahwa pada saat membeli barang, akan memberikan dampak 40 kali lipat lebih besar dalam memberikan rasa kendali dibandingkan jika tidak membeli barang sama sekali.

2. Memberi Kebahagiaan

Dengan berbelanja, nyatanya dapat memberikan dorongan emosional yang membuat seseorang merasa lebih baik. Bahkan, terkadang hanya dengan berjalan-jalan saja pun bagi sebagian orang akan membuat efek positif bagi kondisi mentalnya.

Rasa menyenangkan dan ditimbulkan dari melihat-lihat barang baik di mall maupun online akan memberikan kebahagiaan tersendiri.

3. Memberikan Distraksi

Seseorang yang sedang merasakan kesedihan, membutuhkan sesuatu sebagai pengalihan agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan yang sedang dialaminya. Salah satu cara untuk mengalihkan rasa sedih tersebut adalah dengan berjalan-jalan melihat pajangan di toko-toko yang bermacam-macam.

Hal tersebut secara tidak langsung dapat menjauhkan seseorang dari realitasnya sendiri. Mungkin pengalihan semacam ini akan bersifat sementara, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menghilangkan kesedihan dengan cara satu ini.

Tips Retail Therapy Agar Tetap Terkendali

Tips Retail Therapy Agar Tetap Terkendali

Boleh saja kamu melakukan retail therapy termasuk membeli barang mewah seperti tas, sepatu atau baju, namun harus tetap terkendali. Bagaimana cara mengendalikannya? Berikut ini tipsnya.

1. Lakukan Window Shopping Dahulu

Perlu kamu ingat bahwa ketika mood kamu dalam kondisi buruk, kamu akan cenderung lebih impulsif. Maka dari itu, lebih baik kamu bersantai terlebih dahulu sambil melihat-lihat terlebih dahulu barang yang ingin kamu beli, jangan membelinya terlebih dahulu. Mungkin saja hanya dengan berjalan-jalan di keramaian dapat membuat suasana hatimu lebih baik tanpa harus membeli sesuatu.

2. Buatlah Wishlist

Buatlah batasan diri untuk berbelanja dengan membuat wishlist-mu sendiri. Tujuannya yaitu untuk menjadi rem bagi kamu ketika sedang berbelanja. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir mengeluarkan uang diluar dugaan.

3. Pikirkan Kembali Ketika Akan Membayar

Janganlah terburu-buru ketika kamu sedang berbelanja. Retail therapy tidak berarti kamu harus membeli barang dalam jumlah banyak.

Cobalah mengambil waktu lebih untuk memikirkan kembali apakah keputusanmu berbelanja tepat atau tidak. Apabila sekiranya kamu masih merasa ragu, lebih baik kamu menunggu beberapa saat atau beberapa hari sebelum melakukan pembelian.

4. Jadikan Anggaran Sebagai Patokan

Agar kamu dapat lebih menahan diri, buatlah anggaran pengeluaran rutinmu dan jadikan sebagai patokan dalam mengeluarkan dana. Sebisa mungkin, hindari pengeluaran yang tidak perlu agar tidak membuat kamu lebih boros.

5. Mencari Bantuan Lain

Ketika kamu merasa tidak dapat menahan diri dan merasa kondisi mentalmu tidak membaik dengan hanya membeli barang dan justru mendapatkan tekanan yang lebih besar, lebih baik untuk segera mengkonsultasikannya dengan ahli terapis ya, agar tidak semakin parah.

Dengan menjalankan tips di atas, setidaknya kamu dapat membuat pertimbangan lebih dalam membeli barang seperti tas mewah. Jika sekiranya berbelanja membuat suasana hatimu menjadi lebih baik, tak ada salahnya untuk dilakukan. Dapatkan dana tambahan untuk berbelanja barang incaranmu dengan pinjaman KTA dari digibank KTA.

Suasana Hati Lebih Baik dengan Retail Therapy Pakai Pinjaman online KTA

Dengan pengajuan pinjaman digibank KTA, kamu bisa lakukan retail therapy sesuai dengan yang kamu inginkan untuk membuat suasana hatimu lebih baik. Mengapa digibank KTA? Ini alasannya :

  • Kamu bisa apply 24 jam tanpa ribet, dimanapun, dan kapanpun, dengan mengakses melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta.
  • Approval pinjaman KTA ini hanya membutuhkan waktu 60 detik saja.
  • Dapatkan nominal  pinjaman yang dapat cair hingga 200 juta Rupiah.
  • Kamu bebas menentukan jumlah pinjaman.
  • Kamu bisa mendapatkan tenor hingga 36 bulan.
  • Pengajuan pinjaman ini tanpa dokumen fisik
  • Pengajuan ini hanya perlu menyiapkan e-KTP dan NPWP.

Untuk mengajukan pinjaman, pastikan kamu berdomisili Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang dan memiliki penghasilan minimal Rp5 juta Rupiah.

Lakukan retail therapy dan beli barang yang kamu inginkan dengan segera ajukan pinjaman digibank KTA dan ketahui cara ajukan pinjaman di sini.

Related posts

Leave a Comment