Menteri Komunikasi Malaysia akan Hadiri HPN di Medan

Menteri Komunikasi dan Digital Malaysia Fahmi Fadzil, menurut rencana, akan menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara, 9 Februari 2023.
Advertisement

topmetro.news – Menteri Komunikasi dan Digital Malaysia Fahmi Fadzil, menurut rencana, akan menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara, 9 Februari 2023.

“InsyaAllah saya akan hadir untuk mempererat hubungan antarwartawan dan media Malaysia dengan Indonesia,” ujar Fahmi Fadzil dalam silaturahim dengan Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia Indonesia (ISWAMI), di kantornya, Putra Jaya, Malaysia, Selasa (17/1/2023).

Presiden ISWAMI Indonesia Asro Kamal Rokan pada kesempatan tersebut menyampaikan undangan resmi PWI Pusat kepada Fahmi Fadzil dan ISWAMI.

Pada silaturahim dan perkenalan dengan menteri baru dalam Kabinet Perdana Menteri Anwar Ibrahim yang baru terbentuk tersebut, hadir Presiden ISWAMI Malaysia Dt Mochtar Husain. Hadir juga sejumlah pengurus, antara lain Zulkifli Hamzah, Zakaria Wahab, dan Shukri Ishak.

Fahmi Fadzil, berusia 41 tahun, anggota Kabinet Perdana Menteri Anwar Ibrahim, sebelumnya terkenal sebagai penulis dan aktor. Sekaligus sebagai politisi Partai Keadilan Rakyat pimpinan Anwar Ibrahim.

“Saya berharap dapat meningkatkan kebebasan media di Malaysia, kesepahaman, dan kerja sama dengan wartawan-wartawan Indonesia serta negara-negara ASEAN,” kata Fahmi kepada pemimpin ISWAMI.

ISWAMI sendiri berdiri pada 2003 sebagai forum wartawan dua negara bertukar informasi. Forum ini merespons berbagai ketegangan. Di antaranya klaim tumpang tindih kepemilikan Blok Ambalat di Laut Sulawesi dekat Sabah. Juga membahas isu-isu pekerja migran dan budaya.

Ada pun penggagas forum wartawan ini adalah Asro Kamal Rokan, Ilham Bintang, Tarman Azzam (alm), N Syamsuddin Ch Haesy, dan Saiful Hadi Chalid (alm) dari Indonesia. Kemudian, Tan Sri Johan Jaaffar, Zakaria Wahab, dan Zulkifli Hamzah (Malaysia).

“Alhamdulillah. Sejak 2003 hingga kini, ISWAMI terus mengambil peran mengeratkan hubungan kedua negara,” ujar Asro, yang pada saat berdirinya ISWAMI pada 2003, sebagai Pemimpin Redaksi Harian Republika.

Hubungan Baik

Menurut Asro, sejak masa Pak Harto dan Pak Mahathir Muhammad, hubungan pemimpin kedua negara berlangsung sangat baik. Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Malaysia sering berkomunikasi melalui telepon apabila terjadi masalah dalam hubungan kedua negara.

“Namun tidak demikian antarmasyarakat, apalagi era sosial media saat ini. Di sinilah peran media menjadi penting untuk menjembati hubungan negara serumpun ini,” ujar Asro dalam silaturahim sekira dua jam tersebut.

“Kunjungan Perdana Menteri Anwar Ibrahim ke Indonesia, yang disambut hangat Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia, dapat menjadi momentum semakin eratnya hubungan kedua negara. PM Anwar Ibrahim sangat dikenal publik Indonesia. Memiliki banyak sahabat dan memahami betul karakter budaya dan politik Indonesia,” tambah Asro.

Setiap Hari Pers Nasional, selama sepuluh tahun belakangan ini, wartawan-wartawan Malaysia hadir. Menurut Muchtar Husain, pada HPN di Medan nanti ada 35 wartawan Malaysia yang akan hadir.

Wartawan Malaysia pun memiliki hari pers pada setiap Mei. Tahun lalu di Melaka, pada Hari Wartawan Malaysia (Hawana), hadir sejumlah wartawan-wartawan Indonesia, termasuk Ketua umum PWI Atal S Depari. Hawana tahun ini akan berlangsung di Ipoh.

sumber | RELIS

Advertisement

Related posts

Leave a Comment