Rudal Balistik Korut Hantam ZEE Jepang

TOPMETRO.NEWS – Disebut-sebut tak pernah peduli dengan kecaman internasional, Korea Utara Selasa pagi tadi waktu setempat kembali menembakkan peluru kendali (rudal) balistiknya, yang jatuh di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Penembakan rudal Pyongyang ini terjadi selang beberapa hari setelah Presiden baru Korsel Moon Jae-In dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berfokus pada deeskalasi ketegangan di semenanjung Korea pada pertemuan puncak pertama mereka.

Rezim itu telah menguji coba rudal balistik lain yang melanggar hukum internasional, menurut militer Korea Selatan.

“Korea Utara menembakkan rudal balistik yang tidak diketahui ke Laut Timur dari sekitar Banghyon, Provinsi Pyongan Utara, sekitar pukul 09:40,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Menurut Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, rudal itu jatuh ke dalam zona ekonomi eksklusif negara dimaksud.

“Hari Selasa, pukul 09:39 GMT (waktu setempat), Korea Utara meluncurkan rudal balistik, yang melesat selama  40 menit, kemudian rudal tersebut jatuh ke dalam zona ekonomi eksklusif Jepang di Laut Jepang. Pada jam ini, tidak ada informasi tentang kerusakan yang ditimbulkan pada pesawat dan kapal Jepang, “kata Suga.

Sari Senin kemarin, Korea Utara merayakan hari kekuatan strategis Tentara Rakyat Korea (KPA) dengan sebuah pernyataan di surat kabar negara bagian bahwa roket negara itu dapat menyerang di kawasan manapun di dunia ini. (tmn)

Related posts

Leave a Comment