Pemkab Tapanuli Utara Contoh Keberhasilan Inovasi Program PTSL Presiden Jokowi di Sumatera Utara

Pemkab Tapanuli Utara jadi contoh keberhasilan Program PTSL Presiden Jokowi dan menerima penghargaan dari Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia.

topmetro.news – Pemkab Tapanuli Utara jadi contoh keberhasilan Program PTSL Presiden Jokowi dan menerima penghargaan dari Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia.

Penghargaan itu itu diterima Bupati Tapanuli Utara yang diwakili Kabag Hukum Welly Simanjuntak SH MH, Kamis (19/1/2023), di Hotel Grand Mercure Medan pada rapat kerja daerah dibuka oleh Kanwil ATR/BPN .

Rapat kerja daerah itu diikuti seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara dan dibuka Kakanwil Askani SH MH dengan topik utama terkait penguatan dukungan pemerintah daerah dalam hal implementasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah yang merupakan program Presiden RI.

Langkah Konkrit

Pada kesempatan itu, pemerintah daerah diminta melakukan inovasi dan mengambil langkah konkrit untuk membantu masyarakat dalam hal mengurangi beban. Khususnya dalam melakukan sertifikasi tanah Program PTSL.

Ada pun dari semua kabupaten/kota yang telah mengambil langkah mengurangi beban masyarakat, salah satunya adalah Pemkab Tapanuli Utara. Di mana kebijakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi telah mengurangi beban biaya masyarakat sebesar 75% biaya BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) pada Program PTSL.

Dan untuk itu, Pemkab Tapanuli Utara berhak menerima penghargaan dari Kementerian ATR/BPN. Di mana yang menerima penghargaan secara langsung adalah Kepala Bagian Hukum Setdakab Tapanuli Utara Welly Simanjuntak SH MH.

Jadi Contoh

Dan pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provsu melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Basarin Yunus Tanjung MSi meminta agar pemerintah daerah lain dapat mencontoh Pemkab Tapanuli Utara dan kabupaten/kota lain yang telah melakukan inovasi ini.

Ia juga mengharapkan agar daerah semakin giat dalam meringankan beban masyarakat. Bila perlu me-NIHIL-kan biaya BPHTB Program PTSL di Pemkab Tapanuli Utara khususnya.

“Selain mendukung target program Bapak Presiden dalam capaian PTSL, nilai perekonomian masyarakat juga pasti semakin meningkat,” katanya.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment