Sebanyak 453 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Batubara Ucapkan Sumpah

Pelantikan 453 orang PPS berlangsung di Gedung Rafless Singapore City Hotel Jalan Lintas Sumatera Perkebunan Sei Balai Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Selasa (24/1/2023), sekira pukul 08.00 WIB hingga selesai.
Advertisement

topmetro.news – Sebanyak 453 orang berasal dari 141 desa dan 10 kelurahan tersebar di 12 kecamatan, ikut pelantikan sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pelantikan ke 453 orang PPS tersebut berlangsung di Gedung Rafless Singapore City Hotel Jalan Lintas Sumatera Perkebunan Sei Balai Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Selasa (24/1/2023), sekira pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Pelantikan berlangsung dengan mengambil sumpah jabatan oleh rohaniawan baik dari Agama Islam, Kristen Protestan, serta dari Katholik. Selanjutnya 453 orang tersebut pun mendapat bimbingan teknis, tentang tata cara serta tugas-tugas pokok sebagai PPS.

Ketua KPU Batubara M Amin Lubis dalam sambutannya minta seluruh anggota PPS bekerja secara maksimal untuk mensukseskan Pemilu 2024.

“Kami tegaskan agar saudara-saudara seluruh anggota PPS benar-benar serius menjalankan tugas sesuai tupoksi masing-masing. Bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia tentang kepemiluan. Dan tetap berpedoman kepada prinsip Pemilu, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur, dan adil,” katanya mengingatkan.

Selanjutnya terpisah Kasubbag Hukum dan SDM Zaini Rasyidi Nasution menjelaskan, pihak KPU Batubara sendiri sudah melaksanakan tahapan demi tahapan dalam penerimaan dan pendaftaran PPS secara profesional, proporsional, dan akuntabel. Yakni dengan terlebih dahulu melakukan seleksi pemberkasan peserta secara online. Setelah itu kemudian mejalankan pelaksanan ujian sistem CAT (Computer Assisted Test).

Masih menurut Zaini, jumlah peserta yang sudah membuat akun dan memenuhi persyaratan administrasi, selanjutnya mengikuti ujian CAT. Di mana ada sebanyak 1.515 peserta. Setelah terjaring dan lulus CAT kemudian yang lanjut mengikuti sesi wawancara sebanyak 1.499 orang.

Dan yang dinyatakan lulus seterusnya dilantik tinggal 453 orang anggota PPS. Dan KPU Batubara juga tak luput mengumumkan sebanyak 365 orang sebagai calon PAW (pengganti antar waktu).

Bimtek

Sebagai materi bimtek, 5 Komisioner KPU Batubara masing-masing M Amin Lubis (ketua), M Ali Akbar Erwin SSos, Mukhsin Khalid, dan Al Husein Harahap menjelaskan tentang tugas, fungsi pokok PPS. Yakni, membantu suksesnya pelaksanaan Pemilu.

Masing-masing Komisoner KPU juga mengingatkan agar PPS tidak terlibat dalam aksi dukung mendukung. Baik sebagai tim sukses calon ataupun sebagai partisipan partai politik.

“Jangan main-main, karena kami mengawasi. Bekerjalah sesuai amanat undang-undang. Dan secara tegas kami akan mengganti PPS dengan calon PAW, apabila ada PPS yang tidak bekerja serius dan secara maksimal,” ungkap M Ali Akbar.

“Tolak ukur dan bukti kesuksesan Pemilu adalah meningkatnya partispasi masyarakat saat Pemilu dengan cara bertambahnya jumlah masyarakat yang datang ke TPS dan ikut mencoblos,” bilang Mukhsin Khalid menambahkan.

Sementara itu terlihat pula dalam pelantikan dan pengucapan sumpah anggota PPS itu, Ketua Bawaslu Batubara Ade Sutoyo serta anggota Bawaslu lainnya yakni Abdillah. Pada acara tersebut juga hadir 60 orang anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dari 12 kecamatan se-Kabupaten Batubara.

reporter | Bimais Pasaribu SH

Advertisement

Related posts

Leave a Comment