Nawal Lubis Lantik Pengurus Daerah GPMB Deliserdang

GPMB Deliserdang

topmetro.news  –  Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis berharap pengurus GPMB Kabupaten Deliserdang yang baru dilantik untuk terus berkolaborasi dengan para penggiat literasi yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Deliserdang.

“Deliserdang ini banyak penggiat literasi. Saya berharap GPMB ini bisa berkolaborasi dengan para penggiat literasi. Untuk menumbuhkembangkan budaya literasi di seluruh wilayah Deliserdang ini,” ujar Nawal Lubis usai melantik Pengurus GPMB Kabupaten Deliserdang periode 2023 – 2027 di Balairung, Pemkab Deliserdang, Jalan Karya Jasa Nomor 1 Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Rabu (25/1/2023).

Hadir Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Ketua GPMB Kabupaten Deliserdang Yunita Ansari Tambunan, Wakil Ketua I TP PKK Deliserdang Sri Pepeni Siregar, Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Deliserdang Boya Timur Tumanggor, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti,  Pimpinan OPD Pemkab Deliserdang, Camat se-Kabupaten Deliserdang,  serta pengurus GPMB Sumut dan Deliserdang.

Menurut Nawal Lubis, membaca tidak saja meningkatkan kualitas intelektualitas, namun juga menata emosional. Agar menjadi pribadi yang matang dalam menghadapi tantangan era globalisasi saat ini.

“Budaya membaca kita masih sangat rendah, belum menjadi suatu kebutuhan. Ini menjadi tantangan kedepan kita bersama membumikan budaya membaca masyarakat,” kata Nawal.

Lanjutnya juga, upaya peningkatan minat baca perlu kaloborasi semua pemangku kepentingan untuk saling bahu membahu menjadikan budaya membaca sebagai rutinitas yang berawal dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Untuk itu, Nawal berharap, kehadiran GPMB di Deliserdang dapat mempengaruhi kesadaran membaca. Juga memberikan dampak besar pada kemajuan dan masa depan bangsa.

Ketua GPMB Kabupaten Deliserdang Yunita Ansari Tambunan mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan GPMB Sumut untuk memimpin GPMB Kabupaten Deliserdang. Menurutnya, GPMB memiliki tugas mulia sesuai pembukaan UUD 1945. Yakni mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan minat dan kegemaran membaca dan literasi. Serta mendorong budaya belajar sepanjang hayat.

Nawal Lubis Lantik Pengurus Daerah GPMB Deliserdang

“Untuk itu, saya mengajak pengurus yang baru dilantik untuk menjalankan amanah ini, luangkan waktu rekan-rekan. Jadikan wadah organisasi ini menggerakkan peningkatan minat baca masyarakat. Untuk generasi Deliserdang yang kompetitif, cerdas dan berbudaya, berdaya saing tinggi, serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menyampaikan, untuk meningkatkan litetasi membaca di masyarakat, Pemkab Deliserdang telah membangun perpustakaan yang bergaya modren dan mempromosikannya. Sebagai wahana belajar mandiri, yang lebih nyaman layaknya tempat rekreasi.

Selain itu, Pemkab juga telah menggalakkan Gerakan Nasional Gemar Membaca melalui pemberdayaan perpustakaan. Yang mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat dan pemerintah. Harapannya, hadirnya GPMB di Deliserdang, dapat menggelorakan semangat minat baca generasi muda. Sehingga Deliserdang memiliki generasi cerdas dan unggul.

“Terima kasih Ibu Ketua (GPMB Sumut) atas perhatiannya kepada Pemkab Deliserdang, untuk menggerakan minat baca di sini. Deliserdang memiliki luas  wilayah 255 km2 dengan 22 Kecamatan. Saya berharap dukungan ini bisa terus berlanjut untuk kemajuan SDM di kabupaten kami,” harapnya.

Adapun Pengurus Daerah GPMB Deliserdang yang dilantik antara lain, Ketua Yunita Ashari Tambunan, Sekretaris Aminah Harahap dan juga Bendahara Meliati Br Meliala.

Usai pelantikan, Ketua GPMB Sumut Nawal Lubis bersama Ketua GPMB Kabupaten Deliserdang Yunita Ashari Tambunan meresmikan pojok baca digital di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amri Tambunan di Jalan Thamrin Nomor 126 Lubuk Pakam Pekan, Kabupaten Deliserdang.

Pojok baca digital yang menyediakan 250 exampler berbentuk cetak dan 800 buku digital ini harapannya dapat mendorong minat baca masyarakat. Terutama bagi para pegawai rumah sakit, maupun keluarga pasien. Sembari mengisi kekosongan menunggu keluarganya jika ada yang dirawat.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment