Tahun Politik, Baskami Ajak Insan Pers Jaga Persatuan Bangsa

Tahun Politik, Baskami Ajak Insan Pers Jaga Persatuan Bangsa

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mengatakan, pentingnya peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi dalam menjaga persatuan bangsa, di tengah tahun politik saat ini.

Oleh karenanya, lanjut Baskami, di tengah transformasi digital yang begitu cepat dan derasnya arus informasi, maka pers dengan kaidah jurnalistik tetap menjadi acuan masyarakat.

Menurut Politisi PDI Perjuangan itu, dalam kontestasi politik, masyarakat sangat membutuhkan informasi yang akurat untuk menjatuhkan pilihan politik yang tepat.

“Oleh karenanya, saya mengajak seluruh insan pers dalam hal ini, dalam menjaga persatuan bangsa, hindari segala bentuk perbuatan yang menjurus pada fragmentasi hingga polarisasi politik,” katanya dalam rilis tertulis, Jumat (27/1/2023).

Dikatakannya, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai legislatif, DPRD Sumut terus menjalin erat dengan insan pers.

Baginya, pers Indonesia di tengah transformasi digital ini, terus menegakkan integritas, menghasilkan informasi yang mencerdaskan, hingga karya jurnalistik yang cepat dan akurat serta konten berkualitas.

“Konfirmasi, verifikasi dan klarifikasi sangat di perlukan agar tidak terjadinya pemberitaan yang tak seimbang. Dengan segala hormat kepada rekan media, mari kita jaga kaidah jurnalistik itu sendiri,” tuturnya.

Baskami menuturkan, pentingnya masyarakat dalam memperkuat literasi termasuk literasi digital dalam menangkal beredarnya hoaks.

Menurutnya, hoaks menjadi momok utama dalam tahun politik ini. Ia meminta agar masyarakat peka serta mampu mengakses berita yang sesuai dengan fakta.

“Hoaks yang langsung diserap dan menjadi asumsi personal kemudian membentuk opini yang subjektif sangat membahayakan persatuan kita,” jelasnya.

Tak lupa, Baskami mengucapkan terimakasihnya kepada insan pers yang terus membantu, memberikan informasi kerja-kerja pemerintah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Tanpa kehadiran sahabat-sahabat media sebagai corong informasi. Maka rakyat tidak mengetahui upaya-upaya kita dalam mencapai Sumut yang lebih baik ke depan,” pungkasnya.

Penulis | Erris

Related posts

Leave a Comment