Bupati Taput Hadiri ‘Ground Breaking’ Bangunan IPA SPAM IKK Tarutung

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menghadiri 'ground breaking' bangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Tarutung, Tapanuli Utara, di Kelurahan Situmeang Habinsaran, Sipoholon, Jumat (27/1/2023).

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menghadiri ‘ground breaking’ bangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Tarutung, Tapanuli Utara, di Kelurahan Situmeang Habinsaran, Sipoholon, Jumat (27/1/2023).

Ada pun pembangunan IPA serta jaringan pipa distribusi ini merupakan wujud perjuangan panjang Nikson Nababan dengan dukungan anggota DPR RI Sukur Nababan. Dan sangat diharapkan doa dan dukungan warga Taput, kiranya dapat diselesaikan pada Bulan Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut Nikson Nababan menyampaikan bahwa pada tanggal 27 Januari 2023, Pemkab Taput meraih Predikat Kepatuhan Tinggi Standard Pelayanan Publik (Zona Hijau) Kategori Pemerintahan Daerah, dengan nilai 79,85 oleh Ombudsman RI.

“Pencapaian kita akan pelayanan publik harus bisa mencapai 99 persen. Pada kesempatan ini juga saya berharap kepada kita semua agar pelayanan makin kita tingkatkan, karena akan berpengaruh terhadap nilai Pemkab Taput. Agar Dana Insentif kita bisa bertambah dari pusat, demi kemajuan pembangunan di Taput. Untuk itu mari kita sama-sama bekerja keras,” ujar bupati.

Ia berharap agar masyarakat Tapanuli Utara, khususnya Warga Tarutung, Sipoholon, dan Siatas Barita, membantu percepatan pembangunan IPA SPAM itu. “Jangan ada yang mempersulit, karena ini untuk kita bersama. Ketika kebutuhan air dan pengguna air bertambah, tentu akan menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita,” sebut Nikson.

“Kita sudah melakukan segala upaya agar air baku bisa masuk. Kita juga berterima kasih kepada pemerintah pusat, kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, Kepala Balai, dan anggota DPR RI putra daerah Taput Sukur Nababan, yang selalu memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan Tapanuli Utara. Saya harap pembangunan IPA SPAM ini berjalan lancar tanpa kendala dan turut kerja sama dengan Forkopimda Taput,” paparnya lagi.

Syukur

Sebelumnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hiskia Pasaribu mengutararakan, pembangunan IPA itu merupakan dukungan dari Nikson Nababan dan anggota DPR RI Sukur Nababan.

“Ini tujuannya untuk kita bersama, agar kita bisa menikmati air minum yang lebih layak lagi. Dan harapan kita masyarakat di tiga Kecamatan semakin sehat dan makmur. Saya juga mohon izin kepada kepala desa dan masyarakat sekitar bahwa nanti selama pembangunan ini akan ada sedikit gangguan lalu lintas, karena ada mobil besar dan bongkar pasang jaringan pipa di beberapa titik jalan di tiga kecamatan ini. Mohon bersabar. Kami akan mengerjakannya secepatnya. Untuk itu kami mohon dukungan dan kerjasamanya,” tutur Hiskia Pasaribu.

Sementara salah seorang warga, Johnson Situmeang, mengaku sangat bersyukur dan menyambut baik program Bupati Nikson Nababan dengan adanya pembangunan air baku jadi air bersih. “Ini adalah berkat bagi kami warga yang selama ini mengalami krisis air. Terima kasih Pak Bupati. Kami doakan yang terbaik buat bapak. Dan siap mendukung setiap program bapak untuk kemajuan pembangunan Tapanuli Utara,” ungkap Situmeang.

Kegiatan berakhir dengan peletakan batu pertama pada pembangunan IPA oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Taput Marihot Simanjuntak, BPPWSU, PT Monhas, Kadis Perkim Budiman Gultom, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Dirut PDAM Mual Na Tio Taput Lamtagon Manalu, Kabag Prokopim David Nainggolan, Camat Sipoholon Ronal Situmorang, Camat Tarutung Reinhard Lumbantobing, Camat Siatas Barita Elyanto Sitompul, dan seluruh kades dan lurah Kecamatan Sipoholon, Tarutung dan Siatas Barita.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment