Goepark Kaldera Toba: Geosite Sipinsur Manjakan Mata dengan Panorama Eksotis Danau Toba

Geosite Sipinsur yang terletak Doloksanggul Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera memang sebuah anugerah Tuhan YME kepada Pulau Sumatera (Sumut).

topmetro.news – Geosite Sipinsur yang terletak Doloksanggul Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, memang sebuah anugerah Tuhan YME kepada Pulau Sumatera (Sumut).

Di mana, Geosite Sipinsur yang berada di Doloksanggul terlihat panoramanya sangat eksotis. Begitu memanjakan mata dengan keindahan alam ‘view’ Danau toba yang menjadi salah satu obyek wisata kebanggaan di Provinsi Sumut.

Geosite Sipinsur yang dalam Bahasa Batak bisa berarti ‘runcing’ ini, berdasarkan informasi dari masyarakat, terbentuk akibat meletusnya gunung berapi yang ketiga kali pada masa lalu. Kemudian lanjut adanya pergeseran tanah atau magma di bawah tanah, sehingga tanah muncul ke permukaan.

Obyek wisata Geosite Sipinsur ini pada tahun 2018 atau 2019 lalu sudah dapat kunjungan Presiden RI ke 7 Ir Joko Widodo. Dan setelah kunjungan orang nomor satu Negara Indonesia itu, kini Geosite Sipinsur semakin ramai oleh pengunjung domestik maupun mancanegara.

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023, melalui Ekspedisi Geopark Kaldera Toba mengunjungi Geosite Sipinsur dan geosite lainnya yang ada di seputaran Danau Toba. Tujuannya guna menggali semua situs dan peninggalan bersejarah, seni dan Budaya Suku Batak, agar kembali dikenal dunia.

Demikian penjelasan Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu di sela kunjungannya ke Geosite Sipinsur Doloksanggul, Humbahas, Minggu (5/2/2023). Turut bersamanya, rombongan SMSI Pusat langsung dipimpin Ketua Umum SMSI Firdaus dan juga seluruh pengurus SMSI provinsi se-Indonesia.

“Kita berharap, dengan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI ini, ke depannya melalui informasi lewat pemberitaan yang kita lakukan, seluruh geosite yang ada di seputaran Danau Toba akan kembali dapat kunjungan para turis lokal maupun mancanegara,” pungkasnya.

Dan tambahnya, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba oleh SMSI, dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023, mulai dari tanggal 4-7 Februari, terlaksana berkat dukungan PT Agincourt Resources.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment