Gubernur Edy Ajak Seluruh Bupati/Walikota Sukseskan PIN Polio

Gubernur Sumut Edy Ajak Seluruh Bupati/Walikota Sukseskan PIN Polio

topmetro.news Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh Bupati/Walikota se-Sumut turut menyukseskan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio pada 13 Februari – Maret 2023. Langkah ini guna melindungi anak-anak Sumut dari penyakit Polio, yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho, saat membuka Advokasi dan Sosialisasi Sub PIN Polio di Ballroom Grand City Hall, Jalan Balai Kota, Nomor 1 Medan, Selasa (7/2/2023).

“Dukungan dan peran serta semua pihak di jajaran pemerintah dan masyarakat sangat perlu. Agar cakupan pelaksanaan Sub PIN Polio di Sumut mampu mencapai 95%,” katanya.

Ia menjelaskan, WHO telah menetapkan Indonesia bebas polio sejak tahun 2014. Namun pada November 2022 terdapat kasus polio (virus polio VDPV tipe 2) di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Sehingga perlu adanya Outbreak Response Immunization (ORI) bagi anak-anak usia 0 – 59 Bulan.

“Sumut berbatasan langsung dengan Aceh dan memiliki risiko tinggi. Kita antisipasi dengan pemberian vaksin polio kepada 1,3 juta anak di Sumut,” sebutnya.

Lanjutnya, akibat pandemi Covid-19 cakupan imunisasi di Sumut sempat menurun. Karena banyaknya Posyandu tutup untuk menghindari penularan Covid-19. Sehingga di Kabupaten/Kota masih ditemukan Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak dan Difteri. Seperti di Kabupaten Langkat, Kota Sibolga dan Kabupten Tapanuli Tengah.

Harapan Gubsu

Untuk itu, Gubernur berharap dengan pelaksanaan Sub PIN Polio ini masyarakat bisa hadir di Posyandu dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk membawa anak yang berusia 0 -59 bulan guna melengkapi imunisasinya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit Dirjen P2P Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, Sub PIN Polio di Sumut ini dilaksanakan tindak lanjut temuan kasus polio di Pidie Provinsi Aceh. Sesuai arahan dari WHO dan para ahli tidak cukup hanya penanganan di wilayah terjangkit polio, tetapi juga perlunya antisipasi di wilayah terdekat.

“Sumut kan berbatasan dengan Aceh, jadi kita lakukan tindakan prefentif dengan Sub PIN Polio. Sehingga ini tidak menyebar di Pulau Sumatera,” katanya.

Ia berharap capaian Sub PIN Polio di Sumut bisa mencapai 95%, seperti keberhasilan cakupan vaksinasi Covid-19 di Sumut.

“Kami berharap semua pihak mendukung untuk keberhasilan Sub PIN Polio ini. Agar anak berusia 0-12 tahun mendapatkan imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) untuk mencegah menyebarnya virus polio,” harapnya.

Sementara pada kesempatan tersebut Ketua PKK Sumut Nawal Lubis mengajak seluruh Ketua TP PKK di Kabupaten/Kota juga turut andil menyukseskan Sub PIN Polio hingga pelosok desa.

“PKK memiliki Dasawisma sebagai ujung tombak dan mitra pemerintah. Saya harap bisa menggerakkan masyarakat. Khususnya keluarga yang memiliki Balita untuk ikut Sub Pin Polio ini,” harap Nawal Lubis

Pada advokasi dan sosialisasi Sub PIN Polio tersebut, juga berlangsung penandatangan pernyataan dukungan untuk menyukseskan pelaksanaan Sub PIN Polio di Sumut oleh Bupati/Walikota yang hadir, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, Kadis Kesehatan Kabupaten/Kota, organisasi profesi dan tokoh agama.

penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment