Erris JN Dilantik Jadi Ketua SMSI Sumut, Gubernur Ajak Bekerjasama Dalam Pembangunan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak para wartawan yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk dapat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak para wartawan yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk dapat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Demikian disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi di sela acara pelantikan Erris Julietta Napitupulu menjadi Ketua SMSI Sumut Periode 2022-2027, Selasa (7/2/2023), di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu.

Orang nomor satu Provsu itu menyampaikan, informasi pembangunan harus sampai kepada masyarakat secara fakta dan terpercaya. Kritik dan saran juga sangat dibutuhkan oleh pemerintah, sebagai pemacu program pembangunan.

“Untuk pembangunan ini saya harap kerjasama dengan media. Kalian boleh menyalahkan saya sebagai Gubernur. Tapi jangan hanya menyalahkan saja, namun dapat membantu saya dengan memberikan solusi dari permasalahan itu,” ucapnya

Lalu Edy Rahmayadi menuturkan bahwa dirinya telah menginstruksikan pada seluruh jajaran OPD Pemprov Sumut untuk selalu terbuka dan menjawab seluruh pertanyaan wartawan, agar komunikasi pembangunan dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

Pers Sumut

Mengenai pers sendiri lanjutnya, di Sumut telah lahir sejak tahun 1863 di masa sebelum kemerdekaan, Dan hadirnya pers itu untuk menyampaikan suara kebenaran pada rakyat.

Dan situasi ini berbeda jauh dengan Provinsi Jawa Barat. Di mana pers itu lahir pada tahun 1923. “Saya rasa Sumut dapat menjadi kebanggaan dari lahirnya pers itu, yang jauh sebelum kemerdekaan,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua Umum SMSI Firdaus dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa pemerintah dan pers sangat diperlukan kerjasama dan saling sinergi dalam hal penyampaian pembangunan kepada masyarakat. SMSI yang merupakan serikat pengusaha pers dapat memberikan kritik yang membangun untuk pemerintah.

Selanjutnya, Firdaus juga mengingatkan kepada anggota SMSI harus memahami UU ITE dalam menyampaikan informasi tersebut. Dan ke depan diharapkan anggota SMSI dapat berdampingan dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) agar dapat memahami UU ITE tersebut.

“Karena tidak semua wartawan siber ini yang memahami UU ITE itu Pak Gubernur. Jadi dengan pendampingan LBH ini nantinya kita harapkan dapat menjadi cahaya dalam lorong yang gelap,” tandasnya.

Lawan Hoaks

Sementara Ketua SMSI Sumut Erris J Napitulu, mengatakan pada kegiatan HPN 2023 ini telah melaksanakan beberapa program kegiatan. Di antaranya mengajak anggota SMSI melakukan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba mulai dari 4-6 Februari 2023 di Tapanuli Raya. Tujuannya untuk menggali dan menyampaikan informasi bahwa Danau Toba merupakan warisan dunia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Terkait pelantikan, Erris Julietta Napitulu yang terpilih memimpin SMSI Sumut Periode 2022-2027 menegaskan bahwa ia siap membawa roda organisasi pers untuk menyuarakan pemberitaan yang mengedepankan fakta. Menghindarkan hoaks dalam penyebaran informasi siber.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment