Bebani Masyarakat, Ketua DPRD Madina Tolak Keputusan Menteri Agama RI Naikkan ONH

Ketua DPRD Mandailing Natal (Madina) Erwin Efendi Lubis (foto) menyatakan, ia akan berada bersama masyarakat yang merasa terbebani oleh kenaikan ONH, sebagaimana Keputusan Kementerian Agama RI

topmetro.news – Ketua DPRD Mandailing Natal (Madina) Erwin Efendi Lubis (foto) menyatakan, ia akan berada bersama masyarakat yang merasa terbebani oleh kenaikan ONH, sebagaimana Keputusan Kementerian Agama RI.

Pernyataan tersebut ia sampaikan kepada sejumlah wartawan, Senin (13/2/2022), di ruang kerjanya, menanggapi kebijakan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut yang menaikkan ONH.

Politisi Partai Gerindra itu juga mempertanyakan apa fungsi dari Badan Pengelola Haji Republik Indonesia. Sehingga kenaikan ONH membuat sejumlah calon jemaah haji terpaksa tidak dapat menunaikan ibadah haji. Hal itu karena merasa terbebani akibat keputusan Kementerian Agama RI menaikkan ONH. Di mana ada dugaan, putusan itu tanpa kajian yang lebih mendasar.

“Saya tetap memilih bersama masyarakat yang tidak mampu menunaikan ibadah haji karena adanya kenaikan ONH. Buat apa saya berangkat. Aementara masyarakat saya sendiri masih belum bisa melunasi ONH akibat adanya kenaikan oleh Kementerian Agama RI ini,” tegasnya kesal.

Erwin menyebutkan, dengan adanya kenaikan ONH ini ia menilai, negara belum hadir dalam memberikan jaminan terhadap masyarakat yang hendak menunaikan Rukun Islam Kelima itu.

“Apa fungsi Badan Pengelola Haji Indonesia itu. Calon jemaah haji sudah stor ONH itu jauh sebelum ada kenaikan ini. Kenapa ada keputusan yang secara tiba-tiba diambil oleh Kementerian Agama RI?” pungkasnya mengakhiri.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment