Disdukcapil Asahan Lakukan Pelayanan Prima dan Membahagiakan

Disdukcapil Asahan Lakukan Pelayanan Prima dan Membahagiakan

topmetro.news Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan prima yang membahagiakan kepada seluruh masyarakat.

“Pelayanan prima merupakan tindakan atau upaya yang dilakukan Pemerintah, Swasta maupun Organisasi tertentu untuk memberikan pelayanan maksimal. Dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang dilakukan,” demikian kata Kadisdukcapil Asahan Rahmanto SSos MSi, Jum’at (17/2/2023).

Rahmanto juga memaparkan pelayanan prima diartikan sebagai service excellent sesuai Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No 63 tahun 2004 berbunyi hakikat pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat.

Untuk mewujudkan pelayanan prima yang membahagiakan, Disdukcapil Asahan selalu menerapkan :
  1. Self awareness dan self esteem yakni menanamkan kesadaran diri bahwa melayani adalah tugasnya dan melaksanakannya dengan menjaga martabat diri dan pihak lain yang dilayani.
  2. Empathy dan enthuasiasm yakni mengetengahkan empati dan melayani masyarakat dengan ikhlas.
  3. Reform yakni berusaha untuk selalu memperbaiki pelayanan.
  4. Vision dan victory yakni berpandangan ke masa depan dan memberikan layanan yang baik untuk memenangkan semua pihak.
  5. Initiaive dan impressive yakni memberikan layanan dengan penuh inisiatif dan mengesankan pihak yang dilayani.
  6. Care dan cooperative yakni menunjukkan perhatian kepada masyarakat dan membina kerja sama yang baik.
  7. Empowerment dan evaluation yakni memberdayakan diri secara terarah dan selalu mengevaluasi setiap tindakan yang telah dilakukan.

Lebih lanjut, Rahmanto mengatakan bukti kerja nyata Disdukcapil Asahan dalam melayani masyarakat melakukan jemput bola sampai ke daerah terpencil. Di antaranya perekaman KTP El kepada siswa/siswi SMA/SMK/MA, perekaman KTP E ke Lembaga Pemasyarakatan di Lapas Labuhan Ruku. Lalu pembuatan Akte Kelahiran di Rumah Sakit, tanpa dipungut biaya/gratis.

Rahmanto berharap masyarakat mendukung Pemkab Asahan dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Asahan H Surya BSc dan Bapak Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi. Guna mewujudkan visi misi sejahtera, religius dan berkarakter.

“Masyarakat diharapkan tertib administrasi dalam pengurusan adminduk serta mendukung program #Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA),”  kata Rahmanto.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment