Protes Rhoma Irama: Lagu Saya Jangan Dikoplo, Rusak Karya Saya!

Protes Rhoma Irama

TOPMETRO.NEWS – Protes Rhoma Irama kali ini sepertinya makin serius. Lagu-lagunya diaransemen koplo, kini sedang populer di masyarakat, bahkan ramai hadir di festival musik. Namun bersamaan dengan hebohnya mode koplo, si raja dangdut, Rhoma Irama justru mengharamkan lagunya diubah ke koplo.

Rhoma Irama menerangkan, dia sebenarnya tidak melarang orang-orang membuat karya lagu koplo.

Namun bagi sang Raja Dangdut, dengan lagunya diubah menjadi koplo, sama saja dengan merusak karyanya.

“Jangan koplokan lagu-lagu karya Rhoma Irama. Membuat koplo itu hak asasi Anda. Tapi, jangan karya saya dikoploin malah jadi rusak,” kata Rhoma Irama dilansir dari Instagram @lambegosiip, Sabtu (18/2/2023).

Menurut Rhoma Irama, lagu itu sebuah harmonisasi dari lirik dan melodi. Jika tidak tepat, pesan dalam sebuah lagu tidak bisa tersampaikan dengan baik.

“Lagu itu kan ada lirik, ada melodi, ada beat, ada aransemen. Semua ini harmoni, harus kawin sehingga musik itu bisa didengar dengan pesan itu,” protes Rhoma Irama.

Dia menilai lagu sedih atau bertujuan dakwah tidak cocok dikoplokan. Koplo, kata dia, justru merusak rasa dalam sebuah lagu.

Sens of Music Jadi Rusak

“Misalnya, lagu dakwah dikoploin, lagu melow dikoploin. Kan sense of musiknya jadi rusak. Silahkan berkoplo-koplo ria, tapi jangan koplokan karya Rhoma Irama, itu aja pesan saya,” tegasnya.

Sejumlah warganet mendukung keputusan Rhoma Irama, mengingat sebagian besar lagunya bertujuan untuk berdakwah.

Namun, ada pula yang menduga raja dangdut ini tak ingin lagunya dikoplo karena tidak menerima royalti.

“Lagu Rhoma Irama emang banyak dakwahnya. Makanya dia nggak mau dikoploin karena emang nggak tempatnya,” kata @putriinteriordesi**.

“Jangan dikoplo karena nggak dapat cuan, kalau dapat royalti pasti beda cerita. Dia yang buat karya, orang lain yang jadi kaya,” kata @vi._**.

“Minimal izin lah ya, kalau nggak diizinin jangan maksa,” kata @airaraw**.

BACA PULA | Ahmad Dhani Siap Duet Bareng Rhoma Irama

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya musisi Ahmad Dhani akan duet dengan Rhoma Irama.

Itu pertama kali untuk Dhani. Sebelumnya, Rhoma Irama pernah berduet dengan Dewa 19.

Baru kali ini Dhani secara pribadi akan bersanding dengan Sang Raja Dangdut itu.

“Udah pernah sih, di tv lain. Tapi itu Dewa 19, kalau Ahmad Dhani sendiri belum,” kata Dhani saat jumpa pers secara virtual baru-baru ini.

asl1

Related posts

Leave a Comment