Insan Tari di Sumut Peringati Hari Tani se-Dunia di Medan

Peringatan Hari Tari se-Dunia berlangsung secara sederhana di sela-sela acara pembukaan 'Culture Fest of North Sumatra 2024'.

topmetro.news – Insan tari di Sumatera Utara memperingati Hari Tari se-Dunia yang ditetapkan setiap tanggal 29 April. Peringatan Hari Tari se-Dunia tersebut berlangsung secara sederhana di sela-sela acara pembukaan ‘Culture Fest of North Sumatra 2024’.

Kegiatan Festival Budaya Sumut ini diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatra Utara bertempat di areal UPT Museum Negeri Sumut, 6 – 7 Mei 2024.

Pada Peringatan Hari Tari se-Dunia tersebut hadir para akademisi dan praktisi tari, pimpinan serta anggota sejumlah sanggar tari. Hadir juga Kabid Pengembangan Kebudayaan Sylvia Rosita Armayanti Lubis SSos MSP dan jajaran Dinas Budparekraf Sumut. Kemudian ada Kepala Musium Negeri Sumut Rahmad Hadi Sahputra, sejumlah seniman dan budayawan.

Menurut Joni Patria dari Komunitas Tari Medan, mereka tergerak memperingati Hari Tari se-Dunia saat para insan tari bertemu dan berkumpul sekaligus tampil mengisi acara di kegiatan ‘Festival Budaya Sumatra Utara Tahun 2024’ tersebut.

Pimpinan Lembaga Seni Tari Semenda Dilinar Adlin menyampaikan, sekian tahun lalu secara khusus mereka pernah memperingati Hari Tari se-Dunia di Pentas Terbuka Taman Budaya Sumut yang saat itu berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

“Kami para insan tari di Sumut sangat antusias menggelar pentas tari selama 24 jam dalam memperingati Hari Tari se-Dunia,” katanya.

Sementara itu, Sujadi yang merupakan pimpinan Lembaga Kesenian Bunga Tanjung menyampaikan, anggota tarinya turut mengikuti peringatan Hari Tari se-Dunia 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah, baru-baru ini.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment