Terkait Penetapan 255 Pj Kepdes, Kadis PMD: Masih Tahap Eksaminasi dan Segera Ditetapkan

Penetapan pejabat (pj) kepala desa (kepdes) saat ini masih dalam eksaminasi dan penetapannya akan berlangsung dalam beberapa hari lagi

topmetro.news – Penetapan pejabat (pj) kepala desa (kepdes) saat ini masih dalam eksaminasi dan penetapannya akan berlangsung dalam beberapa hari lagi. Demikian penegasan Kadis PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Mandailing Natal (Madina) Ahmad Meinul Lubis (foto), menjawab konfirmasi wartawan via seluler, Rabu (22/2/2023).

“Saat ini Dinas PMD Madin sedang melakukan penilaian (eksaminasi-red) terhadap calon-calon pejabat kepala desa yang diajukan. Sehingga dalam beberapa hari ini akan segera kita umumkan,” jelasnya.

Lanjutnya, PMD Madina masih melakukan penilaian terhadap ‘track record’ dari nama-nama calon pj kepdes. “Dan nanti pasti akan kita sampaikan. Doakan saja semuanya tidak ada masalah dan sesuai dengan waktu yang kita tetapkan,” harapnya.

Dalam penetapan pj kepdes ini, PMD harus benar-benar melakukan penilaian dari berbagai aspek. Hal ini karena pj kepala desa harus bisa memberikan atau menyalurkan ilmunya untuk desa yang akan mereka pimpin.

“Dari PMD sesuai dengan instruksi dari Pak Bupati, diharapkan agar orang yang ditetapkan pj kepala desa bisa menyalurkan ilmu-ilmu yang mereka miliki. Agar bisa membantu pembangunan di desa masing-masing,” pungkasnya.

Ahmad Meinul juga menegaskan, tidak ada permintaan mahar atau uang dalam penetapan 544 pj kepdes tersebut. Serta tidak ada juga instruksi-instruksi untuk permintaan-permintaan uang.

“Kami pastikan Pak Bupati, ataupun kami dari PMD tidak ada itu perintah untuk meminta-minta. Apalagi perihal permintaan uang,” tandasnya.

Penilaian Masyarakat

Meinul juga berharap agar masyarakat dapat membantu PMD untuk proses penilaian dari masing-masing nama-nama pj kepdes. Sehingga Dinas PMD dapat masukan yang jelas dan pasti dari masyarakat.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment