Menkominfo: Dukungan Media di F1 PowerBoat Lake Toba Bisa Jangkau 180 Juta Viewers

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny Gerard Plate meminta kepada media agar memberikan pemberitaan positif tentang keindahan Danau Toba

topmetro.news – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny Gerard Plate meminta kepada media agar memberikan pemberitaan positif tentang keindahan Danau Toba. Agar event F1 Powerboat Lake Toba dapat menjangkau 180 juta viewers internasional.

Johnny Gerard Plate menyampaikan hal itu pada saat press confress, di Media Center Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Sabtu (25/2/2023).

Kata Johnny, pemberitaan media sangat berperan untuk menaikkan destinasi wisata Danau Toba. Sehingga Danau Toba semakin terkenal ke dunia melalui perlombaan F1 Powerboat ini.

“Kita berharap andil media dalam acara ini. Sehingga F1 Powerboat berjalan dengan sukses. Begitu juga dengan keindahan alamnya,” ujar Johnny.

Untuk kesiapan komunikasi dan media, Kominfo RI melalui Dirjen Komunikasi dan Informatika mendukung penuh kegiatan F1 Powerboat dengan menyediakan dua media center.

“Wilayah liputan yang disediakan sangat terbatas. Dan media harus mempunyai tempat liputan yang nyaman,” katanya.

Untuk saat ini, lanjutnya, jumlah media yang hadir untuk liputan F1 Powerboat Lake Toba sebanyak 101 media. Untuk internasional sebanyak 40 media, media nasional 23 dan media lokal sebanyak 38. Jumlah wartawan sebanyak 150 orang.

Tak hanya itu, jelasnya, Kominfo RI juga melibatkan sebanyak 13 humas kementerian dan lembaga. Kemudian 97 humas dari daerah untuk kesuksesan acara F1 Powerboat Lake Toba.

Johnny berharap, dengan pemberitaan yang menjangkau 180 juta viewers internasional, maka tingkat pariwisata Danau Toba naik secara mendunia.

“Kegiatan F1 Powerboat salah satu pendorong dan pendukung destinasi prioritas dan dikenal secara internasional. Dampak menjadi multi pelayanan pariwisata melalui pemberitaan media internasional dari 40 media dengan target pemberitaan keindahan pariwisata Danau Toba,” jelasnya.

Jaringan

Salah satu dukungan Kominfo adalah dengan membangun jaringan telematika untuk kelancaran komunikasi suksesnya F1 Powerboat. Kapasitasnya besar, dengan ODP mencapai 110 titik, tersebar di setiap kecamatan, juga jaringan corporate sinyal 4G.

“Lancar dan suksesnya F1 Powerboat akan menjadi kesuksesan industri pariwisata dan akan kegiatan besar lainnya. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah memerikan kesan yang menyenangkan. Masyarakat juga turut ambil inisiatif untuk acara ini dan antusias masyarakat sangatlah positif. Sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi peserta F1 Powerboat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Toba Poltak Sitorus mengatakan, rekayasa lalulintas telah berlangsung berkoordinasi bersama Polda. “Agar even ini berjalan dan beri manfaat ekonomi bagi masyarakat Toba secara signifikan, dengan berjalan kaki untuk menonton F1 Powerboat. Sehingga mengurangi kemacetan dan pengunjung dapat berbelanja di UMKM yang telah tersedia,” terangnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment