Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Tiga Ormas Islam Gelar Tabligh Akbar

Tiga Organisasi Islam yakni Al Jami'atul Wasliyah, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama berkolaborasi menggandeng Pemko Pematang Siantar menyelenggarakan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M.

topmetro.news – Tiga Organisasi Islam yakni Al Jami’atul Wasliyah, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama berkolaborasi menggandeng Pemko Pematang Siantar menyelenggarakan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M.

Pantauan di lokasi, meskipun gerimis turun, masyarakat sangat antusias dalam menghadiri acara Tabligh Akbar di Lapangan Merdeka Jalan H Adam Malik, Pematang Siantar, Jumat (3/3/2023), pukul 20.30 WIB tersebut. Di mana hadir langsung Ustads Cahyadi Nugraha (Ucay) yang kondang sebagai Finalis Dakwah Indosiar 2022.

Acara diawali dengan persembahan lagu religi dari beberapa grup band Kota Siantar, Kemudian sholawatan, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan Ayat Suci Alqur’an. Lanjut, kata sambutan Wali Kota Siantar dr H Susanti Dewayani SpA serta pemberian tausiyah oleh Ustadz Anugrah Cahyadi.

Turut hadir Forkopimda Plus, Ketua PW Alwasliyah Sumut Dedi Iskandar Batubara, Ketua PD Alwasliyah Siantar M Ishak Hutasuhut, Ketua PC NU Siantar Maranaik Hasibuan, Ketua PD Muhammadiyah Siantar H Amin Siregar, organisasi keagamaan, serta masyarakat Kota Siantar.

Dalam kata sambutannya, H Dedi Iskandar Batubara mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Wali Kota Siantar yang sudah mengapresiasi terselenggaranya acara tabligh akbar oleh ketiga organisasi islam di kota itu.

“Kita ucapkan terimakasih kepada Wali Kota Siantar dr Susanti Dewayani yang sudah mengapresiasi terselenggaranya tabligh akbar ini dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan. Yang Insya Allah akan kita laksanakan akhir bulan ini. Semoga kita semua orang yang tergolong beriman dan terjauh dari siksa neraka,” ujarnya.

Kota Toleransi

Kemudian, Wali Kota Siantar dalam kata sambutannya juga sangat mengapresiasi kolaborasi ketiga organisasi Islam ini. Yakni, menyelenggarakan tabligh akbar dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Dengan terselenggaranya tabligh akbar ini tentunya akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Pemko Siantar mempunyai komitmen yang tinggi dalam meningkatkan nilai keagaaman yang sudah tertuang dalam visi dan misi Pemerintah Kota Siantar. Kita akan terus berkolaborasi dalam kegiatan yang sifatnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan Kota Siantar. Dan kita akan agendakan kegiatan seperti ini ke depannya. Mungkin ini pertama kalinya terjadi di Siantar bahkan Sumatera Utara. Semoga kita mendapat petunjuk agar terciptanya Kota Siantar menjadi kota toleransi di Indonesia,” sebut Susanti.

Kemudian, Ustadz Ucay yang dalam tausiahnya mendoakan semoga warga Kota Siantar dilindungi oleh Allah SWT dan dijauhkan dari segala marabahaya. Serta mendoakan Kota Siantar tetap mempertahankan statusnya sebagai kota toleransi di Indonesia.

“Menjelang Bulan Suci Ramadhan ini, saya meminta jadikan masjid sebagai central mempertebal keimanan dan membuang kesombongan. Serta jangan lupa meminta maaf kepada orangtua, saudara serta tetangga untuk membersihkan diri menyambut puasa. Selama kita bersama bersatu melawan kemungkaran dan tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum pemecahbela ummat, Insya Allah kita dijaga oleh Allah SWT,” seru ustadz kondang finalis Dakwah Indosiar 2022 itu.

Usai acara, Ketua PD Alwasliyah Siantar M Ishak Hutasuhut bersama Ketua PC Nahdlatul Ulama Siantar Maranaik Hasibuan dan Ketua PD Muhammadiyah Siantar H Amin Siregar menyebutkan bahwa tabligh akbar kali ini merupakan yang perdana di Kota Siantar.

“Kami dari tiga organisasi Islam Siantar berbesar hati akan suksesnya acara tabligh akbar kali ini. Dan ini adalah yang perdana dan mungkin mencatatkan sejarah bagi kami. Ke depannya kami akan selelu bersinergi mendukung program seperti ini,” kata Ishak.

Ia menyebutkan, ke depannya kegiatan religi tersebut akan berkelanjutan dan menjadi program terencana. “Insya Allah dengan terselenggaranya acara ini Ummat Islam di Siantar menjadi lebih kuat. Marilah kita bersatu. Apa pun perbedaan faham dan perbedaan fiqih, tidak menghalangi kita untuk berukuwah dan bersilaturrahmi menjaga persatuan dan persaudaraan,” pungkasnya.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment