Ratusan Pemuda dan Remaja Masjid Antusias Ikuti Pelatihan Imtaq yang Digelar Pemkab Batubara

Ratusan Pemuda dan Remaja Masjid naungan DPD BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid) Batubara, terlihat antusias mengikuti Pelatihan Iman dan Taqwa (Imtaq) Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

topmetro.news – Ratusan pemuda dan remaja masjid naungan DPD BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid) Batubara, terlihat antusias mengikuti Pelatihan Iman dan Taqwa (Imtaq) Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Pemkab Batubara menggelar peltihan tersebut di Hotel Grand Malaka Kecamatan Tanjung Tiram, Selasa (7/3/2023).

Tercatat 151 kader muda calon intelektual Islam se-Batubara dengan tekun mengikuti kegiatan yang lebih mirip dengan acara seminar sehari itu. Mereka mengupas tentang sistem Managemen Remaja Masjid sebegai cikal bakal penerus kepemimpinan. Baik tingkat Batubara maupun sampai ke jenjang yang lebih luas dan tinggi.

Kabag Kesra Adnan Haris SPd MPd sebagai pelaksana kegiatan menjelaskan, kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian Pemkab Batubara terhadap pembentukan karakter serta moral generasi muda masa mendatang.

Abah Haris panggilan akrab pejabat eselon III pada sekretariat daerah ini berharap, dengan kegiatan ini, generasi muda Batubara bisa terbentengi dari perilaku negatif.

Ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Batubara menjelaskan, pemkab memfasilitasi peserta dengan konsumsi termasuk makan siang. Juga menyiapkan ‘merchandise’ berupa alat tulis dan tas. Kemudian ada uang pengganti transportasi tiap-tiap peserta. Serta menyiapkan sertifikat untuk masing-masing peserta yang masuk absen dan sudah teregristrasi.

Agenda Rutin

Sedangkan Bupati Batubara Ir Zahir MAP melalui Asiten I Russian Heri mengatakan, kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin. Sebab menurunya, pemerintah daerah menyadari pentingnya pembinaan moral generasi muda melalui Pelatihan Imtaq ini.

“Pemerintah kabupaten Batubara berharap agar pemuda dan Remaja Masjid Batubara bisa menjadi generasi muda memiliki akhlak serta moral yang baik. Karena kelak 5 sampai 15 tahun ke depan, pemuda dan Remaja Batubara inilah yang akan meneruskan estafet kepemimpinan di Batubara. Yang akan menggantikan kami ASN ini yang akan pensiun,” pungkas Russian Heri.

Ada pun salah satu narasumber adalah Prof Dr H Arifinsyah MA. Kemudian ada tokoh pemuda lulusan Lemhanas, juga Ketua DPD BKPRMI Batubara dan Ketua DPD KNPI Batubara, yaitu Mukhrizal Arif SPd MPd.

Dalam materinya Mukhrizal mengajak pemuda dan remaja peserta pelatihan untuk melakukan perubahan secara bertahap. “Perubahan dalam segala aspek termasuk berubah untuk lebih mencintai masjid. Dan mengembalikan kithoh remaja masjid untuk kembali menjadikan masjid sebagai tempat berkegiatan dalam pengembangan Syi’ar Islam,” imbaunya.

Terlihat hadir juga Sekretaris DPD BKPRMI Batubara Muhammad Yusroh Hasibuan SPd bersama Wakil Ketua Muhammad Ganti dan juga Komandan Brigade Masjid Daerah (Dan Brimasda) BKPRMI Batubara, Bima I Satria Pasaribu SH, Kepala Staf Brigade Muhammad Hambali Sitompul dan lain-lain.

Di sela-sela acara, kepada media ini Yusroh mengatakan, bahwa BKPRMI di segala tingkatan begitu mengapresiasi kegiatan Pemkab Batubara ini. Menurut Yusroh, segenap pemuda dan remaja masjid se-Batubara sangat responsif dan antusias mengikuti kegiatan-kegiatan semacam ini.

“Kami berharap ke depan agar pihak pemkab dapat menambah kapasitas kepesertaan kegiatan seperti ini. Sebab quota 151 orang menurut kami masih terbilang kecil dan sedikit. Terus terang banyak yang tidak tertampung. Padahal remaja masjid yang ingin mengikuti kegiatan setidaknya sebanyak 500-an orang. Dan kader pemuda serta remaja masjid yang tercatat, itu ada sebanyak 6.000-an tersebar di 12 kecamatan,” ungkap Yusroh.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment